Thursday, 8 June 2017

Memperhatikan Desain Ergonomi Dalam Sebuah Plant

Contoh Aplikasi Ilmu Ergonomi Pada Sebuah Water Treatment Plant

caranya adalah dengan menghitung spare area plant

Assalammu'alaikum Wr. Wb.
Apa kabar sobat sekalian pembaca setia blog ilmu pengetahuan di bidang water engineering OLAH-AIR.COM ?

Semoga baik-baik saja ya? :)

Lama tak bersua, karena aktifitas saya yang dalam beberapa bulan ini begitu padat. Dari mulai harus memimpin proyek, mendesain rancangan WTP dan WTP dan lain sebaginya yang tidak terasa membuat saya hampir lupa kalau saya ini ternyata memiliki blog yang satu ini hehehe..

Kali ini kita akan bercerita sedikit tentang yang namanya Ergonomi. Apakah itu?

Mahluk yang satu ini bukanlah termasuk golongan Mi Instan ataupun Mi Bakmi ya hahaha..

Dalam artian kuliah teknik, ergonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam sebuah sistem.

Hmm.. bagaimana? Mengertikah?

Baik, kalau kurang mengerti mari kita buat dalam bahasa yang lebih mudah. Dalam hal ini di plant, ilmu ergonomi adalah ilmu yang digunakan untuk membuat sebuah plant terasa lebih nyaman dan mudah dalam pengoprasian dan juga pemeliharaan. Nah gitu deh..

Beberapa Contoh Aplikasi Ergonomi Dalam Sebuah Plant Water Treatment
Adalah metode mengajar melalui contoh yang saya percaya dapat membuat suatu ilmu dapat lebih mudah dimengerti oleh para murid. Maka dari itu saya akan membuat sobat pembaca disini dapat mengerti dengan lebih mudah dengan menerangkan beberapa contoh diantaranya :

1. Desain Equipment Yang Easy To Use

Contoh pertama yang dapat Anda temukan dalam hampir semua plant (Yah hampir semua, karena ada juga yang engga). Adalah suatu equipment akan sengaja di desain agar mudah digunakan.

Seperti layaknya desain sebuah setir mobil yang dirancang agar memudahkan proses mengemudi kendaraan. Maka equipment-equipment juga seyogyanya akan mengikuti kaidah tersebut.

Dari mulai bentuk yang memiliki kemudahan di angkat, dipindahkan dan ditangani. Kemudian kita juga bisa menemukan posisi peletakan control switch yang diposisikan sejajar dengan sekitar area siku manusia.

Beberapa hal tersebut adalah contoh pertama dari penerapan sebuah ilmu ergomi dalam sebuah plant.

2. Pemberian Area Maintenance dan Spare 

Contoh aplikasi kedua dari penerapan ilmu ergonomi bisa Anda temukan juga ketika memperhatikan keberadaan area maintenanca dan spare dalam setiap equipment atau move-able goods.

Untuk area maintenance biasanya akan memiliki radius 600 mm atau lebih dari equipment itu sendiri. Dan untuk area spare biasanya ditempatkan pada daerah yang mudah untuk akses.

Dalam hal ini, contoh kedua ini dapat dengan mudah kita temukan pada banyak perusahaan jepang. Dimana untuk setiap barang yang diletakan mereka selalu memikirkan akses keluar masuk barang tersebut. Terlebih lagi jika barang tersebut bersifat move to use.

3. Pemberian Assesoris Untuk Operasional Pada Tangki

Contoh ketiga untuk aplikasi ergonomi di plant, dapat juga Anda temukan pada Tangki. Dimana pada sebuah tangki yang cukup besar, biasanya kita akan menemukan man hole dengan diameter 60 cm atau lebih. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan seorang operator masuk ke dalam dan melakukan proses perawatan pada tangki tersebut.


4. Pemberian Warna Spesifik

Contoh lainnya dari sebuah aplikasi ilmu ergonomi, adalah penerapan warna spesifik pada equipment tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah proses pencarian dan juga identifikasi.

Oh iya, saya juga tahu bahwa akan ada yang memasukan contoh aplikasi warna ini pada ilmu display teknik. Yah tapi dalam sebuah perancangan saya akan bilang ini masuk ke ranah ergonomi juga (Biar disekalianin gitu om).

Nah itu dia Beberapa contoh penerapa ilmu ergonomi pada desain plant water treatment. Masih banyak contoh lain yang dapat Anda temukan di field nyata. Maka dari itu, teruslah memiliki sikap mau belajar dan bertanya atas segala sesuatu agar ilmu kita terus berkembang.

Salam Hangat


Mr. Anggi Nurbana

Bagikan

Jangan lewatkan

Memperhatikan Desain Ergonomi Dalam Sebuah Plant
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.