Tuesday, 28 March 2017

Mengenal Jenis Jenis Limbah Di Pabrik Sawit

Mengenal Jenis Jenis Limbah Di Pabrik Sawit


Selamat datang kembali di blog olah-air.com tempat belajar mengenai dunia water dan waste water treatment secara santai dan ringan.

Masih dalam suasana pemabahasan tentang proses pengolahan sawit. Kali ini kita akan berbicara tentang jenis-jenis limbah dari pabrik sawit.

Kenapa saya membahas tentang hal ini?

Yah kalau ditanya begitu, mungkin sekedar untuk memperlengkap saja bahasan di blog ini karena sebelumnya kita sudah membahas tentang proses pengolahannya dan juga cara menghitung ukuran laguna . Maka rasanya agak kurang afdol kalau tidak menyinggung limbah lainnya, sebab di pabrik sawit itu sendiri kita akan menemukan jenis-jenis limbah lain selain limbah cair.

Terkait :
- Cara Menghitung Ukuran Kolam Limbah Pabrik Sawit
- Teknik Pengolahan Limbah Pabrik Sawit

Apa itu Pabrik Sawit?


Sebelum jauh ke jenis limbahnya. Mari kita samakan persepsi tentang pabrik sawit itu apa. Pabrik Sawit adalah pabrik yang memiliki kegiatan produksi membuat minyak sawit mentah (CPO) dari buah sawit. Ingat ya CPO bukan langsung minyak goreng, kalau minyak goreng itu Olein yang harus melalui proses yang panjang seperti Bleaching, degumming, deacidifikasi dan sebagainya.

3 Jenis Limbah Pabrik Sawit


Clue untuk jenis-jenis limbah pabrik sawit tentu sudah terbayang pada sobat pembaca olah-air.com sekalian. Dari definisi si pabrik sawit tadi yang mengolah buah sawit menjadi minyak CPO maka sudah pasti akan terdapat 3 jenis limbah antara lain :

A. Limbah Padat

Limbah padatan ini didapat dari bagian yang dibuang saat proses ekstraksi minyak CPO dari buah sawit. Limbah padatan ini antara lain ; Tandan Kosong, Cangkang dan juga serabut.

B. Limbah Cair

Untuk limbah cair ini biasanya berasal dari sisa condensat yang sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi, terkadang juga masuk dari hasil pengeringan air. Sehingga tidak mengherankan kalau air limbah ini sangat pekat dan mengandung zat organik yang sangat tinggi.

C. Limbah gas


Sebenarnya limbah gas dalam proses pengolahan limbah sawit itu tidak diciptakan secara sengaja namun akan tercipta setelah adanya proses anaerobik di kolam pengolahan limbah. Dimana disana akan terjadi gas metana.

Ternyata Limbah Sawit Dapat Dimanfaatkan!

Ternyata setelah dilakukan pengujian lebih jauh dan praktek dilapangan, apa yang dibilang orang sebagai limbah nyatanya masih dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan nilai yang bermanfaat.

Masing-masing limbah ternyata menyimpan potensi yang sayang untuk dilewatkan, beberapa potensi tersebut antara lain ;


A. Limbah Padat Menjadi Biomasa

Dengan proses peletisasi, limbah padatan dapat dikeringkan untuk kemudian diproses menjadi sebuah pelete seperti briket yang dapat digunakan menjadi bahan bakar. Proses pemanfaatan ini telah dapat ditemukan dibanyak tempat di pulau sumatra.

B. Limbah Cair Menjadi Energi Listrik


PT. MESKOM yang berlokasi di pulau sumatra adalah satu diantara banyak perusahaan yang telah mempraktekan hal ini. Perusahaan ini telah mendapatkan listrik dari proses pengolahan limbah cair dengan menggunakan metode modern UASB untuk kemudian dilakukan penangkapan gas methane dan merubahnya menjadi energi listrik yang mampu mengoprasikan pabrik tersebut beserta menyuplai beberapa area disekitarnya.

C. Limbah Gas menjadi Bahan Bakar Rumah Tangga

Gas Methane seperti yang kita tahu, adalah gas yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar. Karena sifatnya yang mudah terbakar , gas ini telah terbukti dimanfaatkan oleh cukup banyak penduduk yang hidup disekitar area pabrik sawit.


Tiada Sesuatupun yang sia-sia 


Sesuai dengan Firman ALLAH SWT dalam Surat Al-Imran bahwa tiada sesuatupun yang diciptakan olehnya Sia-sia. Hal itulah yang dapat kita ambil hikmahnya dalam postingan kali ini. Karena ternyata apa yang banyak disebut sebagai limbah, jika kita kaji dan pelajari lebih dalam ternyata memiliki arti dan fungsi yang dapat bermanfaat bagi manusia. Maka sudah sepantasnyalah kita selalu dapat memuji kebesaran-NYA dalam setiap aktifitas kita.

Nah sobat olah-air.com, sampai disini artikel kita tentang jenis-jenis limbah dari pabrik sawit. Mudah-mudahan kita dapat bertemu pada kesempatan berikutnya.


Salam Lingkungan,


Mr. Anggi Nurbana


Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Jenis Jenis Limbah Di Pabrik Sawit
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.