Tuesday, 31 January 2017

Tangki Kotak Vs Tangki Bulat Slinder Mana yang Lebih Baik?



Tangki Kotak Vs Tangki Bulat Slinder Mana yang Lebih Baik?

Kehidupan manusia ini tentunya tidak akan lepas dari yang namanya air. Sebab hampir semua aktifitas yang dilakukan oleh manusia pasti membutuhkan air. Bahkan para ilmuwan pun mengklaim bahwa tanpa air manusia manusia pasti tidak akan bertahan hidup.

Makanya segala kebutuhan yang menyangkut dengan air pun pasti akan selalu laris manis. Dan salah satu yang saat ini sedang naik daun adalah tentang tangki panel yang dibilang lebih baik dari pada tangki bulat slinder. Hmm benarkah begitu?

Tulisan iseng saya kali ini akan coba membahas secara simpel sebuah perbandingan antara keduanya. Dan tulisan ini bukan mau mendukung salah satunya atau mau promosi tapi lebih kepada sekedar ajang edukasi pada teman teman.

Marilah kita mulai perbandingan antara Tangki Kotak Vs Tangki Slinder. Cap Cus Cyinn

Perbedaan Dari Segi Harga

Perbandingan yang utama dan utama yang pasti ditanyakan oleh banyak customer tentu adalah masalah harga... Ya kan?? Hehe

Kalau dari segi harga, maka saya pribadi bisa menilai dalam duel kali ini pemenangnya ada di tangki kotak. Sebab tangki kotak setiap panelnya dibuat secara pabrikan sehingga membuat harganya menjadi jauh lebih murah.

Berbeda dengan tangki bulat slinder yang dibuat oleh vendor ataupun fabrikator secara satuan, sehingga akan memerlukan cost yang lebih banyak.



Perbedaan  Dari Segi Kekuatan Terhadap Tekanan

Yang kedua kita akan membandingkan tentang kekuatan kedua tangki baik tangki kotak dan tangki slinder dalam masalah kekuatan mereka terhadap tekanan.

Mudah-mudahan sobat olah-air.com masih ingat salah satu sifat dari air yang dahulu kita pelajari di IPA saat SD. Yakni air akan selalu berupaya mendatar dan akan terus menekan ke segala arah (Kecuali ke atas).

Mengingat sifat ini, maka kita pasti akan Go dengan tangki dengan model slinder bulat dibanding dengan tangki kotak. Sebab tangki kotak tidak dapat menahan tekanan tinggi, hal ini disebabkan bentuk rectangular tidak dapat mendistribusikan tekanan secara merata. Berbeda halnya dengan tangki slinder yang bisa menerima tekanan secara lebih baik.

Lihat Juga :
- Jasa Fabrikasi Tangki Stainless dan Mild Steel

Perbedaan  Dari Segi Penempatan

Tidak terasa sudah ke perbandingan ke tiga. Di perbandingan ketiga ini kita akan membandingkan tentang mana yang lebih mudah untuk ditempatkan antara tangki kotak dan tangki bulat?

Well jika kita bandingkan soal penempatan, tentunya akan kembali tentang tempat seperti apa tangki tadi akan kita tempatkan. Jika di ruang bebas tanpa atap dan tembok untuk masuk maka bisa kita katakan seimbang.

Namun jika kita membandingkannya ketika tangki tersebut harus dibuat didalam sebuah gedung, maka yang akan menjadi pemenangnya adalah tangki dengan bentuk kotak. Sebab tangki kotak dapat dirakit perbagian langsung on the spot.

Perbedaan  Dari Kecepatan

Untuk kecepatan pembuatan atau fabrikasi, maka dapat dikatakan seimbang. Sebab walaupun kelihatannya tangki panel dapat langsung dirakit dengan cepat tanpa harus melalui proses bending dan welding yang ketat seperti tangki steel yang bundar. Namun ternyata tangki panel harus tetap membuat pondasi tulangan internal yang memakan waktu cukup lama dalam prakteknya.



Perbedaan  Lebih Homogen Mana?


Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, ketika terjadi pengadukan atau mixing mana yang lebih memberikan nilai homogenitas lebih tinggi?

Untuk menjawab hal ini tentunya kita harus tahu dahulu tentang zat liquid seperti apa yang akan diaduk?

Untuk zat cair yang memiliki butiran suspensi maka yang lebih baik digunakan adalah tangki dengan bentuk cylinder yang dilengkapi dengan baffle. Sebab jikalau kita menggunakan tangki kotak, maka biasanya akan ada butiran partikel yang mengendap dibagian sudut dari tangki itu.

Oh iya untuk tangki kotak, kabar baiknya adalah tidak memerlukan baffle karena bentuknya sendiri sudah seperti auto baffle.

Anyway, untuk tingkat hasil mixing, maka saya lebih cenderung kepada tangki cylinder.


Tangki Kotak Vs Tangki Slinder, Hasilnya adalah?

Wah tidak terasa sudah ada lima point yang kita tuliskan tadi. Dan dari point point yang sudah dijelaskan tadi ternyata kalau dibandingkan maka nilai yang keluar adalah 3 sama.

Pilihan ada ditangan Anda



Sekali lagi, segala tulisan yang saya cantumkan di artikel ini tidak bermaksud untuk memaksa Anda untuk mengambil keputusan yang sama. Semua tetap ada di pilihan anda. Anda tetap harus menimbang semua aspek sebelum memilih mau tangki mana yang kotak atau yang bulat slider. Namun mohon diingat, jika Anda butuh salah satu atau keduanya Anda bisa segera menghubungi kami pada nomor diatas.
pilihan antara kedua tangki ini Andalah yang harus menentukan


Bagikan

Jangan lewatkan

Tangki Kotak Vs Tangki Bulat Slinder Mana yang Lebih Baik?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.