Tuesday, 31 January 2017

Biopori, Benar Berfungsi atau Hanya Sekedar Pemenuh Regulasi?

Biopori, Benar Berfungsi atau Hanya Sekedar Pemenuh Regulasi?


Di Banyak negara, air adalah komoditi yang sangat berharga hal tersebut dikarenakan begitu sulitnya dan mahalnya upaya yang harus dilakukan oleh negara tersebut untuk mendapatkan air.

Namun lain halnya dengan di indonesia. Di Bumi Pertiwi kita tercinta ini, banyak sekali tempat yang memiliki air dalam jumlah melimpah, yang bahkan sangking melimpahnya sampai-sampai kita akan banyak mendengar banyak bencana banjir dan longsor terjadi.

Biopori, dalam regulasi pemanfaatan air hujan


Akibat cukup banyaknya kabar bencana banjir yang terjadi pada negeri ini. Maka akhirnya pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan tentang pemanfaatan air hujan, yang secara langsung membidani kira-kira tiga kewajiban bagi setiap perusahaan.

Tiga kewajiban tersebut adalah sumur penampung, sumur resapan dan Biopori. Untuk lebih jelas tentang pengertian dari ketiga kewajiban tersebut Anda dapat coba mendownload peraturannya disini.

Fokus Ke Biopori


Agar artikel ini tidak melebar terlalu jauh, mari kita kembali ke bahasan utama kita yakni tentang biopori. Dan apakah biopori itu benar berguna seperti yang diklaim oleh pemerintah dan banyak pihak lainnya ataukah hanya sekedar regulasi tambahan saja?


Jawabannya adalah : BIOPORI BENAR-BENAR BERGUNA DAN BERMANFAAT!


Nah itu dia jawaban saya, sebab saya pribadi sudah membuktikan bahwa dilapangan (Lewat Proyek tentunya) Bahwa biopori itu benar-benar bisa dilihat manfaatnya secara nyata dan bukan hanya sekedar pemenuh regulasi saja. Dan beberapa funsgi dari biopori itu adalah :

1 Pencegah Banjir

Dengan memasang biopori pada tanah, maka kita akan membuat tingkat penyerapan air pada tanah tersebut akan meningkat. Anda bisa membuktikannya dengan coba membuat bipori pada tanah yang biasa air tergenang disana.

Walaupun jumlah air yang diserat tidak terlalu banyak seperti sumur resapan, namun jika kita bermain dengan faktor kali maka tentu akan menjadi suatu nilai yang berarti dan siginifikan.

2 Menjaga Cadangan Air Tanah
Dengan meresapnya air hujan dengan lebih baik ke dalam tanah, tentu saja secara logika hal ini akan membuat cadangan air tanah kita akan meningkat. Oleh karenanya pembuatan biopori sangat disarankan pada daerah yang kekurangan air ataupun daerah dengan curah hujan yang kecil.

Lihat Juga : Cara menentukan Jumlah Sumur Resapan dan Biopori

3 Menjaga Permukaan Tanah

Seperti yang kita tahu, bahwa setiap tahunnya permukaan tanah di jakarta akan turun beberapa centimeter. Hal tersebut terjadi karena setiap harinya para warganya mengambil air tanah yang kalau kita akumulasikan akan berjumlah jutaan kubik.

Hal tersebut secara langsung akan menurunkan permukaan tanah. Dan untuk mengcounter hal ini maka biopori adalah salah satu langkah yang tepat yang dapat diambil khususnya untuk semua kalangan.

Foto Pipa Untuk Lubang Biopori (Biopori Beneran Pasti Pake Ini)


4 Menyuburkan Tanah Sekitar
Tanah dapat menjadi gembur salah satunya adalah karena adanya air dalam tanah tersebut. Yang ditambah dengan unsur hara serta bantuan mahluk hidup penggembur tanah seperti cacing.

Dengan adanya serapan air hujan oleh biopori, salah satu faktor tadi menjadi terpenuhi. Dan otomatis tanah disekitar biopori tadi akan lebih subur.

5 Menunjukan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Fungsi kelima dari pembuatan biopori di perusahaan anda, adalah untuk menunjukan kepedulian terhadap lingkungan. Hal ini cukup penting untuk memotivasi dan mengingatkan para karyawan kita juga bahwa lingkungan ini harus kita sendiri yang kita jaga. Dan salah satu cara menjaganya adalah dengan membuat biopori ini (Pembuatan biopori termasuk mudah dilakukan).

Plus dengan membuat biopori Anda tentu akan mendapatkan nilai tambah dari BPLHD setempat serta para customer Anda juga hehehe.

Lihat Juga : 3 Aturan Pemerintah Terkait Peresapan Air Hujan

Disclaimer : Tidak Semua Biopori Berguna


Oke kita telah membahas bahwa ternyata biopori ini berguna, namun ternyata dilapangan saya menemukan bahwa biopori ini tidak semuanya berguna. Kok bisa?

Ya jelas bisa, karena dilapangan saya menemukan cukup banyak biopori yang dibuat dengan desain asal-asalan yang asal terlihat ada lubang dari atas maka sudah dibilang biopori.

Tentunya hal tersebut akan membuat biopori tersebut tidak berguna, kecuali untuk satu hal yakni menghabiskan dana Anda saja. Sebab dalam waktu singkat lubang tersebut akan segera tertutup atau terurug secara alami.

Bagikan

Jangan lewatkan

Biopori, Benar Berfungsi atau Hanya Sekedar Pemenuh Regulasi?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.