Monday, 2 January 2017

Cara Membaca P&ID Water Treatment Plant

Langkah Cara Membaca PID Water Treatment Plant

Salah satu gambar Contoh P&ID (Sumber : Doc Proyek CHEMINUSA)

Process and Instrumentation Diagram, terkadang menjadi suatu gambar yang membingungkan bagi sebagian orang. Terlebih lagi bagi orang yang awam pada dunia engineering. Bagi mereka yang awam, mungkin gambar P&ID ini tidak ubahnya seperti melihat huruf-huruf morse. Yang akhirnya ketika melihatnya reaksi pertamanya adalah manggut-manggut (Sok Ngerti) padahal cara membaca P&ID nya saja bingung hehe..

Nah itulah yang saya juga rasakan dahulu, ketika awal-awal terjun ke dunia water treatment. Ada perasaan galau yang menyeruak ketika dihadapkan pada penyelesaian masalah yang menuntut kemampuan untuk membaca si P&ID ini. Maka mau tak mau akhirnya jadi bisa, bahkan sekarang sudah merancang ratusan P&ID hahaha.

Bingung Bagaimana Cara Membaca P&ID itu Artinya Sudah Berpikir

Kalau kita bingung menghadapi suatu persoalan, itu pertanda bagus. Soalnya itu tanda kita turut berpikir bagaimana memecahkan permasalah tersebut. Bukankah untuk menemukan jalan baru kita harus tersesat dulu hehe.

Maka dari itu saya bilang kebingungan itu adalah hal yang wajar dan bagus. Dan akan lebih bagus lagi kalau kebingungan dalam membaca P&ID itu bisa segera diselesaikan, dengan cara membaca artikel ini.

Lihat Juga : Desain proses Biologi di Waste Water Treatment Plant

Step By Step Membaca P&ID Water Treatment Plant

Sobat Pembaca Olah-Air.Com, untuk dapat membaca P&ID tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Karena si pembaca tersebut tentunya harus memiliki beberapa pengetahuan sebelumnya sehingga dapat memudahkan dalam proses berpikir dan mencerna gambar P&ID yang disajikan.

Dan dalam postingan kali ini, saya akan coba berikan tips langkah-langkah tentang bagaimana cara membaca P&ID ala Mr. Anggi.

Mudah-mudahan Tips ini dapat sobat terapkan untuk setidaknya dapat mengerti dasar dari si P&ID itu sendiri. nah Yuk kita mulai saja dari langkah pertama.

Lihat Juga : Jual Pompa RO Sea Water

1. Pahami Basic Prosesnya

Langkah pertama dalam membaca suatu P&ID adalah dengan memahami basic prosesnya. Basic proses itu terdiri dari rangkaian berjalannya fluida hingga mencapai maksud yang diinginkan.

Atau secara gampangnya, kamu dapat memahaminya dengan cara menanyakan kepada PIC ataupun Maker sistem tersebut tentang Mesin apakah yang ada dihadapan sobat. Jika sudah tahu mesin apa, maka sobat tinggal googling saja tentang alur proses mesin tersebut sehingga bisa memiliki pemahanam ringkas.

2. Miliki dan Familiarlah Dengan Symbol-symbol P&ID

Tips kedua yang harus Sobat lakukan untuk dapat membaca suatu P&ID dengan baik adalah dengan memiliki tabel pengertian gambar-gambar symbol yang ada di P&ID.

Sobat dapat dengan mudah memilikinya dengan cara mendownloadnya di mesin pencari, atau bisa juga download aplikasinya di Android. Pokoknya gampang banget deh asalkan ada niat pasti deh ketemu itu symbol-symbol.

Lihat Juga : Inilah Alasan Kenapa Assessment harus dilakukan

3. Bacalah Bersama Yang Paham

Untuk dapat memahami sesuatu yang kita tidak paham, jalan terbaik adalah dengan meminta bimbingan dari orang yang sudah paham. Dalam hal ini sobat bisa meminta membacanya bersama dengan salah satu engineer yang merancang atau minimal mengawasi mesin atau plant yang sobat sedang pelajari P&ID-nya.

Atau jikalau tidak ada, sobat bisa memulainya dengan membaca bersama dengan operator. Dan tentunya pada saat membacanya pastikan sobat membawa Buku Tabel pengertian Symbol P&ID yang tadi sudah saya minta untuk di download.


4. Lakukan Highlight Pada Proses Utama

Langkah selanjutnya dalam membaca dan memahami suatu P&ID adalah dengan melakukan Highlight.
Proses ini dilakukan dengan cara memberikan warna-warna terang dari stabilo pada alur proses utama dari plant yang dipelajari.

hal ini dimaksudkan agar kita memiliki pemahaman utuh terlebih dahulu tentang tujuan dari si Plant atau mesin ini diciptakan. baru dari sana sobat mempelajari interlock serta perintilan lainnya.

Oh iya, jikalau sobat sudah melakukan Highlight pada P&ID yang sobat sedang pelajari maka minimal sobat dapat membuat PFDnya dari P&ID tersebut.

Lihat Juga : Proses Overhoul WTP dan WWTP

5. Pelajari Rangkaian Interlocking

Langkah yang kelima ini, mungkin akan agak sulit bagi para NewBie. Namun dengan seringnya bulak balik masuk ke Plant dan juga membaca diagram dan membandingkannya dengan rupa aslinya saya yakin sobat dapat memahami yang saya maksud.

karena sejatinya di dalam sebuah plant atau sistem yang safe pastilah dilengkapi dengan banyak sekali interlock untuk menjaga agar kondisi fatal atau kecelakaan jangan sampai terjadi.

Seperti adanya pressure switch pada pompa ditambah dengan alarm dan juga check valve.

Nah itu dia akhir dari postingan kali ini, saya tahu mungkin akan ada cukup banyak pembaca yang belum bisa membaca P&ID dengan baik. Dan hal itu jelas, karena untuk dapat membacanya secara tepat dan benar sobat haruslah memiliki pengalaman dahulu atau minimal mengikuti pelatihan dari CHEMINUSA :).

Salam Olah-Air.Com


Mr. Anggi

PS :
++ Jika sobat ingin belajar banyak tentang dunia engineering dan water treatment. Silahkan mengikuti blog olah-air.com dengan follow google plus Anggi Nurbana disini. atau Sobat bisa ikut kursus Online Water Treatment Gratis di Kursus.Waternesia.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Membaca P&ID Water Treatment Plant
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.