Monday, 26 September 2016

Assessment WWTP, Apa itu dan Mengapa Harus dilakukan?

Definisi Ala Om Anggi Tentang Assessment WWTP

Pengecekan secara menyeluruh termasuk pada pompa underground adalah salah satu bagian dari assessment


Suatu sistem dikatakan berjalan dengan baik bila didukung oleh data-data yang menyatakan sistem tersebut demikian. Tanpa adanya data-data yang mendukung secara tertulis, maka apapun yang dikatakan oleh penanggung jawab sistem tersebut belum bisa dipercaya sepenuhnya.

Hmm.. Sepenggal paragraf tadi muda-mudahan dapat menjadi awalan pokok bahasan kita kali ini yang akan berbicara seputar assessment WWTP. Yang tentu tidak akan banyak membahas teknik seputar pengolahan water ataupun waste water treatment (Seperti pada banyak bahasan saya di blog ini), namun lebih kepada pandangan terhadap pentingnya aktifitas ini.

Maka, di tulisan kali ini sobat bisa bersantai sejenak karena saya tidak akan mengajak untuk berpikir keras sembari meminta sobat memegang kalkulator hehe.

Apa itu Assessment?

Kalau kita menurut pada artinya, maka Assessment berarti adalah suatu aktifitas evaluasi yang dilakukan guna mendapatkan data yang akan dipergunakan dalam rangka membuat suatu keputusan di masa depan (Kira-kira kitulah gampang na mah).
Assessment dilakukan oleh orang atau sekelompok orang yang memang ahli dalam hal tersebut sehingga hasil evaluasi atau penilaian yang diberikan bisa dijamin dan dipertanggung jawabkan.

Maka dari itu, untuk setiap kegiatan assessment apapun kita tidak bisa asal saja memilih personnya. Misal untuk assessment kelayakan suatu gedung untuk acara olimpiade maka yang digunakan sebagai assessor tentunya adalah seorang arsitek ternama, ahli sipil dan ME ataupun lainnya tidak bisa asal comot saja.


Kalau Assessment WWTP Berarti..?

Bagaimana, sudah ada bayangan tentang Assessment itu sendiri? mudah-mudahan sudah ya, karena hal yang sama akan merujuk pada assessment WWTP yang berarti aktifitas evaluasi wwtp oleh para ahli guna mendapatkan data ataupun rancangan untuk mengambil keputusan dimasa yang akan datang.

Jadi segala hal yang berkaitan dengan Jasa Assessment WWTP itu nantinya akan dievaluasi dan biasanya di ujung akan ada keputusan dari assessment tersebut apakah si WWTP ini akan direhab, dibuat baru ataukah akan diupgrade. Yang semua keputusan tersebut didapatkan dari satu persatu faktor yang telah dinilai sebelumnya.

Lihat Juga : Cara Pintar Mengecilkan Ukuran WWTP

Kenapa Harus WWTP di Assessment?

Oke pertanyaan bagus, kenapa sih suatu WWTP harus di Assessment?
Jawabannya adalah karena akan adanya suatu perubahan pada tempat si WWTP tersebut dibuat. Apakah akan ada perubahan jumlah karyawan, perubahan jadwal, perubahan jalur dsb. Yang intinya akan turut mempengaruhi proses pengolahan ataupun proses penyaluran air limbah.

Bingung Nih Om Anggi, Kasih Contoh Kongkrit dong!

Oh.. Bingung ya?? Hehe.. ya pasti deh bingung karena tulisan seperti ini memang terkesan seperti filsafat yang muter-muter aja. Makanya untuk lebih jelasnya kita akan gunakan sebuah contoh saja ya.

"Sebuah kilang minyak pabrik pengolahan minyak mentah menjadi minyak setengah jadi memiliki kapasitas produksi sebanyak 5000 m3 sehari. Di tahun ini mereka mendapatkan peningkatan permintaan barang sebanyak 2000 m3 sehari. Sehingga kilang minyak tersebut harus menambah jumlah karyawan, area produksi dan tentu saja peralatan serta kemungkinan akan bertambah pula jam kerja karyawan tersebut (tentu bila di perlukan).

Pabrik tadi adalah pabrik yang memiliki perhatian yang cukup baik pada lingkungan hidup, oleh karenanya mereka juga turut memikirkan apakah si WWTP ataupun IPAL yang ada di pabrik tersebut harus turut ditingkatkan kapasitasnya secara full (Seluruh komponen wwtp di upgrade), ataukah bisa menambah jam kerja saja ataukah ada opsi lainnya yang lebih ekonomis dari itu"

Lihat juga : 6 Hal yang harus diperhatikan dari proses Biologi di WWTP

Nah dengan adanya kasus diatas, biasanya baru deh turun permintaan Assessment dari para petinggi pabrik tersebut agar mendapatkan jawaban yang tepat. Dan agar assessment tersebut benar-benar dapat dipercaya dipanggillah beberapa ahli dalam bidang ini yang biasanya dilakukan dengan tender dan melihat track record dari para assessor ini.

Satu hal lagi, demi menjaga netralitas biasanya nanti apapun hasilnya dokumen rancangan yang dibuat tidak boleh hanya merujuk pada satu merek tertentu karena akan ada subjektifitas disana sehingga mereknya akan disebutkan sebagai equal.

Dan untuk memberikan tingkat keyakinan yang lebih baik lagi, hasil assessment dari wwtp harus dapat dipertanggung jawabkan dengan adanya perhitungan satuan proses yang menyatakan ini apa, kenapa, dari mana dan bagaimananya.

Lihat Juga : Cara Menghitung TDS Permeate dan Reject dari Reverse Osmosis

Oough It's Enough about Assessment WWTP Om..

Well.. saya juga merasa sudah cukup tulisan ini rasanya sudah cukup jelas juga dalam membahas tentang apa itu assessment WWTP dan alasan kenapa assessment mesti dilakukan. Dan jika sobat ingin tahu lebih banyak maka pantengin aja terus olah-air.com karena pada postingan-postingan selanjutnya saya akan membahas tentang langkah-langkah assessment wwtp juga lho.

Stay Tune Bro..

Salam Hangat,

Mr. Anggi

PS :
Untuk dapat terus mendapatkan Update dari Blog ini langsung ke email Anda, Silahkan Add google plus Anggi Nurbana dengan menekan tombol Follow disini 


Bagikan

Jangan lewatkan

Assessment WWTP, Apa itu dan Mengapa Harus dilakukan?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.