Thursday, 29 September 2016

Langkah-Langkah Assessment WWTP Part 2

Langkah-Langkah Assessment WWTP Part 2

Logic Diagram Baru : Salah satu hasil Assessment WWTP CHEMINUSA

Halo sobat olah-air.com selamat datang di postingan Part-2 tentang langkah langkah dalam melakukan assessment WWTP. Postingan kali ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya yang memiliki judul sama, yang terpaksa harus saya akhiri karena waktu mau diselesaikan saya keburu ngantuk hehe.

Nah bagi yang belum membaca tentang langkah assessment part-1 silahkan klik halaman dibawah ini :

Nah kembali ke topik mari kita lanjutkan postingan sebelumnya ya.

6. Analisis

Analisis adalah suatu tahapan pemeriksaan atas semua data yang telah masuk. Dari mulai tujuan yang diberikan, lay out, data analisa, data keseluruhan komponen, hasil wawancara dan masih banyak lagi. 

Proses ini dilakukan untuk mendapatkan data yang paling tepat dan sesuai, sehingga proses evaluasi benar-benar memberikan hasil yang valid dan sesuai dengan kenyataan dilapangan. Proses Analisa dalam assessment WWTP harus dilakukan oleh yang memang berkompetensi dalam bidang WWTP sebagai kontaktor dan juga konsultan karena ada beberapa teknik pembacaan data yang tidak dimiliki oleh sembarang orang kecuali yang memang berkecimpung dibidang tersebut.

Proses Analisis ini juga dilakukan untuk membuat suatu plot data outspek atau temuan sehingga nantinya bisa dijadikan laporan rekomendasi setelah proses assessment ini selesai.

7. Perancangan / Pembuatan rekomendasi

Langkah selanjutnya dalam melakukan Assessment WWTP adalah melakukan perancangan improvement selanjutnya. Perancangan ini bisa dalam hal pemberian spek detail saja, ataupun hingga gambar detail (semuanya tergantung kontrak awal).

Tentu saja perancangan ini dibuat untuk mencapai tujuan awal dari assessment itu tadi, apakah untuk melakukan perbaikan ataukah hingga proses penambahan kapasitas wwtp. Dalam beberapa hal perancangan juga bisa menyangkut kepada sistem operasi dan juga waktu operasi si wwtp bahkan pada proses otomasi.

8. Presentasi dan Pelaporan

Tahapan akhir dari suatu proses Assessment WWTP Biasanya akan diakhiri dengan adanya suatu presentasi yang menjelaskan hasil evaluasi dan juga rekomendasi dari keseluruhan proses. tahapan presentasi ini biasanya akan mengacu pada suatu nilai ekonomi tertentu karena sang Owner biasanya akan melihat biaya Capex ataupun Opex yang harus dikeluarkan selanjutnya.

Nah Itu dia sobat total 8 Langkah dalam melakukan assessment WWTP. 

Mudah-mudahan postingan ini dapat membantu sobat sekalian yang kebetulan sedang ditugaskan untuk melakukan self assessmet dalam bidang WWTP ataupun ingin melakukan suatu pengumpulan data dalam hal improvement secara sistematis.

Jika sobat olah-air.com membutuhkan bantuan dalam hal Jasa assessment WWTP secara profesional, kami juga menyediakan jasa tersebut sobat cukup menghubungi kami pada nomor dibawah ini :
Telp : 021 7919 7920
HP : 0857 1147 2834
Email : admin@cheminusa.com

PS:
Untuk teman-teman yang suka mempelajari dunia water treatment, silahkan bisa melihat langsung daftar isi dari blog ini di SINI atau bisa juga dengan mengklik follow pada akun google plus Anggi Nurbana DISINI sehingga bisa terus mendapatkan update knowledge.

Salam Hangat,


Mr. Anggi Nurbana
Specialist in Water & Waste Water Treatment

Bagikan

Jangan lewatkan

Langkah-Langkah Assessment WWTP Part 2
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.