Thursday, 1 September 2016

7 Alasan Kenapa Perusahaan Anda Harus Merevitalisasi Air Hujan

7 Alasan Kenapa Perusahaan Anda Harus Merevitalisasi Air Hujan


Hallo sobat pembaca semua, jumpa lagi dalam olah-air.com dan kali ini kita masih akan berbicara tentang revitalisasi air.
Kalau di dua postingan sebelumnya kita telah menyinggung tentang aturan pemerintah dan juga cara menghitung biopori serta sumur resapan maka kali ini kita akan membahas tentang keuntungan dari mengikuti peraturan ini.

Dalam tulisan ini saya tidak akan menjadi seorang idealis dengan memperlihatkan kepada Anda keuntungan yang Lingkungan dan masyarakat dapatkan, karena saya yakin bahwa yang dicari Industri bukan itu hehe..

Agar tidak bertele-tele mari kita langsung saja menuju kepada inti artikel ini, yakni tentang 7 alasan kenapa Perusahaan Harus Merivitalisasi Air.

1 Pengurusan Izin Yang Lancar

IMB atau Izin mendirikan bangunan adalah suatu izin yang vital dan harus dimiliki setiap industri yang memiliki suatu lahan dimana disana didirikan bangunan. Izin ini sekarang hanya dapat keluar dan juga diperpanjang jika di tempat tersebut sudah tersedia sumur resapan, bio pori atau kolam resapan.

Izin ini akan terkait juga dengan izin penggunaan bangunan dan sertifikat layak fungsi dari pemerintah setempat. nah maka dari itu, walau mungkin tidak sampai seluruh sumur resapan yang dipersyaratkan dibuat setidaknya kita memiliki cukup sumur resapan untuk dijadikan bukti dalam rangka memperpanjang izin-izin bangunan yang ada di perusahaan kita.


2 Mencegah Penurunan Tanah dan Banjir

Tahukah Anda bahwa Tanah kita setiap tahun senantiasa mengalami penurunan? Beberapa daerah malah mengalami penurunan permukaan tanah yang cukup parah beberapa diantaranya adalah daerah Jakarta dan semarang yang mencapai hingga lebih dari 5 cm pertahunnya. Yang kalau hal ini dibiarkan maka dalam tempo beberapa puluh tahun saja ramalan pulau di Indonesia akan tenggalam akan menjadi kenyataan. Hii.. Ngeri sekali.

Dan pada skala area perusahaan, semakin besar penuruan tanah yang terjadi maka semakin besar kemungkinan perusahaan Anda akan terkena banjir. Ingat air akan mengalir dari tempat lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Pembuatan Sumur resapan dan biopori adalah dua cara untuk mencegah hal tersebut terjadi. Dengan membuat sumur resapan dan biopori tanah akan lebih mudah menyerap air hujan sehingga penurunan tanah bisa dicegah dan diminimalisir. Tentunya Anda ingin perusahaan Anda tidak kebanjiran ketika hujan bukan?

3 Memastikan cadangan Air Anda Tetap Ada

Beberapa perusahaan yang berada diluar kawasan Industri biasanya menggunakan air dalam untuk proses produksinya seperti yang dilakukan oleh sebuah perusahaan minuman ringan yang ada di Bekasi.

Dan setiap sumur dalam tentunya memiliki batas waktu penggunaan tersendiri. Dan dengan membuat kedua jenis pemanfaat ini maka proses batas waktu tersebut kemungkinan besar bisa kita perpanjang lewat serapan air yang dialirkan pada sumur dalam ini. Jadi misalkan seharusnya sumur tersebut habis setelah digunakan selama 20 tahun, maka dengan adanya pemanfaat air hujan tadi waktunya bisa diperpanjang 2-3 tahun.

4 Menghemat Penggunaan Air

Air hujan memiliki kandungan TDS dan mineral yang lebih rendah dibandingkan dengan air tanah. Dan air hujan ini bisa dibilang cukup baik untuk dapat menjadi feed boiler bahkan lebih baik.

Dengan membuat kolam resapan, Perusahaan dapat menangkap air hujan yang ada dengan dilimpaskan ke dalam kolam resapan. Dari sana perusahaan dapat memanfaatkannya untuk beragam keperluan dari mulai bahan baku produksi, boiler feed water, gardening, toilet dan lainnya. Lumayan kan menghemat penggunaan air.


5 Menunjukan Peerusahaan Anda Patuh dan Peduli Lingkungan

Saya yakin setiap pemilik perusahaan ingin memberikan impresi yang baik bagi customer dan juga para karyawan ataupun pengunjung yang datang ke perusahaan.
Pembuatan sumur resapan dan juga biopori dapat menjadi salah satu cara menunjukan hal tersebut. Dengan membuat biopori ataupun sumur resapan pada area-area yang dapat dilihat oleh customer ataupun pengunjung dan dengan menghiasinya dengan atribut lingkungan, Perusahaan Akan terlihat sebagai perusahaan yang peduli pada lingkungan. Dan bukan tidak mungkin jika hal tersebut akan membuat pelanggan Anda menjadi lebih senang berbisnis dengan Anda.

Nah itu dia 5 Alasan Kenapa perusahaan Anda harus melakukan revitalisasi pada air hujan. Semoga tulisan ini dapat menginsipirasi kita semua.

Lihat Juga :
- 3 Aturan Pemerintah Soal Revitalisasi Air Hujan
- Cara Menghitung jumlah Biopori dan Sumur Resapan
- Mengenal pH dan Kenapa Harus diukur
- Mengenal Water Hammer : Sang Penyebab Boiler Meledak

Bagikan

Jangan lewatkan

7 Alasan Kenapa Perusahaan Anda Harus Merevitalisasi Air Hujan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.