Tuesday, 20 September 2016

Cara Mengecilkan Ukuran Area WWTP

Cara Mengecilkan Ukuran Area WWTP

WWTP dapat dikecilkan ukuran desainya dengan beragam cara


Installasi Pengolahan Air Limbah atau Waste Water Treatment Plant (WWTP) adalah suatu tempat yang banyak sekali pemilik industri kurang sukai. Mengapa kurang suka? sebab tempat ini bukanlah profit center yang akan terus mendatangkan uang, namun justru sebaliknya WWTP ini adalah cost center.

Ya WWTP ini adalah cost center karena selalu saja mengeluarkan uang. baik dari mulai perancangan, pembuatan, operasional, dan perizinan. Sampai-sampai saya sering mendengar keluhan dari pemilik usaha "Kok Mau Buang Aja Susah ya?" dan kalau sudah mendengar kata-kata tersebut, biasanya saya tidak lama pamit saja. sebab percuma berbicara dengan orang yang hanya mau profit tapi tidak memikirkan lingkungan.

Beragam cara selalu coba dilakukan pada WWTP ini. Seolah-olah bagian ini tidak boleh bergerak karena selalu membutuhkan biaya. Dan percayalah hal ini benar adanya.

Apa Saja Yang Selalu Coba di Cost Down di WWTP ?

Banyak sekali bagian yang selalu coba di cost down dari suatu WWTP. Dan berikut ini adalah beberapa diantaranya :
1. Chemical
2. Equipment
3. Man Power
4. Energi
5. Area

Nah Tiap-tiap point yang bisa dicost down tadi ini, dalam postingan kali ini kita akan membahas tentang point cost down pada area. Kenapa? Karena ini lah satu-satunya cost down yang menurut saya paling safe, asalkan diperhitungkan secara cermat.

Dan Areapun, percaya ataupun tidak seringkali tidak bisa diperbesar lagi, tidak seperti mesin yang dapat ditambah, area suatu pabrik terkadang tidak bisa ditambah karena kanan kiri dan depan belakang sudah terisi.

Makanya dalam postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang cara mengecilkan area WWTP. Yah Walaupun hal ini mungkin tidak berlaku bagi pabrik atau perusahaan yang sudah sama sekali tidak memiliki area untuk WWTP bahkan tidak memiliki WWTP.

Dan paling pas tips ini diterapkan pada proses perancangan WWTP baru, sehingga area bisa dihemat semaksimal mungkin.

Lihat Juga : 6 Hal Yang Harus di Maintain pada proses Biologi

6 Tips Mengecilkan Ukuran Area WWTP


Dan seperti apa caranya? Mari kita simak beberapa point berikut ini:

1. Mengecilkan Area WWTP dengan Penambahan Jam Kerja WWTP
Jika sebuah pabrik ingin mengejar target produksi yang tinggi. Biasanya pabrik tersebut akan melemburkan karyawannya sehingga akhirnya target tersebut tercapai.

Dan hal senadapun tentu dapat kita lakukan pada WWTP yang perusahaan kita miliki. Alih-alih menambahkan area karena harus menginstal tangki baru ataupun equipment baru yang kita bingung mau ditaro dimana. Maka kita bisa memilih menambah jam kerja WWTP.

Yang biasanya WWTP jalan 8 jam, kita bisa buat dia menjadi 16 jam ataupun 24 jam. Tentunya demi menghemat cost pembayaran operator kita dapat menyettingnya dalam posisi auto.

Lihat Juga : Mengenal teknik segregasi

2. Mengecilkan Area WWTP dengan Penambahan Equipment
Tips kedua untuk mengecilkan area WWTP adalah dengan menambahkan Equipment. Proses yang tadinya berjalan secara gravitasi dapat kita buat lebih cepat jika kita dorong menggunakan equipment pompa.

Proses dosing yang tadinya dengan static mixer dan jerigen dilubang, bisa kita ganti dengan menggunakan dosing pump plus agitator. Dengan demikian debit limbah yang bisa diolah nantinya akan naik menjadi lebih besar sekaligus waktu operasinya lebih pendek. Alhasil nantinya dengan waktu operasi yang sama jumlah air limbah yang diolah bisa lebih banyak dan terkait dengan itu, area yang seharusnya ditambah besar misalkan, akhirnya menjadi lebih kecil bahkan tidak perlu ditambah.

Lihat Juga : 7 Alasan Mengapa Anda Harus Punya Alat Ukur di WWTP

3. Mengecilkan Area WWTP Dengan Penambahan Media Pelekat Bakteri

Tips ketiga untuk mengecilkan area WWTP ini adalah dengan menambahkan media pelekat bakteri. Hah Buat Apa?

Proses biologi, adalah proses yang paling banyak memakan area di WWTP. Bagaimana tidak,  karena  dalam prakteknya minimalnya kita membutuhkan tangki dengan volume sehari debit untuk dapat mengolah air limbah yang mengandung zat organik.

bayangkan kalau debit air limbah sehari adalah 100 m3/day, maka kita memerlukan membuat tangki 100 m3 juga?

Nah daripada harus membuat tangki sebesar itu, pilihan selanjutnya adalah dengan memangkas area tersebut via pemasangan media pelekat bakteri seperti bio ball, honey comb dan juga organcyl.

Lihat Juga : Jual Tangki Panel Fiber Glass Kualitas terbaik

4. Mengecilkan Area WWTP dengan Underground Tank

Oke kita masuk ke tips ke empat. Di Tips ke empat ini kita dapat mengecilkan area WWTP dengan membuat underground tank. Alih-alih membuat tangki diatas tanah, kita dapat memilih untuk membuat tangki dibawah tanah dengan begitu bagian atasnya dapat kita manfaatkan untuk hal lainnya.

Tapi saya sarankan untuk bagian atas tangki underground ini tidak dibangun bangunan ataupun dipasang equipment dengan beban yang berlebihan, karena takut rubuh bos hehe (Dan ini serius)


5. Mengecilkan Area WWTP dengan Vertical Tank

Kita juga bisa memperkecil penggunaan area dengan membuat tangki yang setinggi mungkin. Namun yang harus tetap kita perhitungkan adalah gaya hidrostatis samping dari si tangki tadi jangan sampai membahayakan equipment atau area sekitar. Karena kita tahu bahwa semakin tinggi suatu tangki, maka tekanan air didalamnya akan semakin besar.

Lihat Juga : Politik dalam dunia pengolahan air limbah

6. Mengecilkan Area WWTP dengan Penyatuan Proses

Tips terakhir dari saya adalah, Anda dapat mengecilkan area WWTP dengan cara menyatukan beberapa proses menjadi satu. Dari pada membuat tangki reaksi, sedimentasi dan equalisasi. Anda dapat membuat 3 tangki tersebut sekaligus dalam satu tangki.

Jadi konsepnya adalah, ketika si air limbah tadi masuk ke tangki equalisasi dan tangki tersebut penuh, kita dapat mengaduk si limbah tadi dengan chemical (Reakasi) plus mengendapakan yang sludgenya sehingga dapat langsung ditransfer ke area pengeringan lumpur dan air jernihnya dapat dibuang ke badan air.

Nah Sekian Postingan kita pada hari ini. Mudah-mudahan kita dapat berjumpa lagi dalam kesempatan berikutnya.

Salam hangat,


Mr. Anggi Nurbana
0852 8832 5902

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mengecilkan Ukuran Area WWTP
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.