Monday, 18 April 2016

Pentingnya Memiliki Alat Ukur di WWTP

5 Alasan Kenapa WWTP Harus Punya Alat Ukur Analisa di WWTP

keberadaan alat ukur itu harus ada karena penting
keberadaan pH meter di IPAL itu wajib hukumnya!

Selamat pagi teman-teman semua.
Kali ini sesuai dengan judul kita akan membahas tentang daftar alat ukur yang wajib ada pada WWTP atau IPAL. Namun sebelum lebih jauh membahas tentang alat ukur apa saja yang wajib ada, mari kita ngobrol dulu sedikit tentang kenapa sih mesti ada alat ukur di WWTP atau IPAL sobat?

Oh iya, kalau ga ngurut dari bahasannya mohon dimaklumi ya hehe :)

1. Analisa Awal Kondisi WWTP

Untuk mengetahui kondisi suatu IPAL masih dalam keadaan baik atau tidak, pemeriksaan secara visual saja tidak cukup. Seorang operator juga setidaknya harus dapat memastikan kondisi si IPAL dalam keadaan normal dengan cara melihat parameter kimia yang keluar dari aliran effluent.

Parameter seperti pH dan TDS tidak dapat dilihat dan diamati dengan mata kecuali menggunakan peralatan khusus. Dan parahnya kedua paramter tersebut jika sampai keluar dari standar baku mutu yang berlaku maka dapat berakibat mematikan bagi biota air. Untuk itu amat sangat disarankan bagi setiap IPAL memiliki peralatan tersebut sehingga dapat memastikan kondisi si WWTP baik secara fisik maupun dengan beberapa parameter kimia.

Lihat Juga : pH Meter Murah Cocok Untuk Pengukuran WWTP

2. Verifikasi Data Laboratorium Pihak Ketiga

Sebuah perusahaan yang mengeluarkan limbah dalam jumlah yang cukup tinggi, biasanya akan menjadi incaran patroli petugas dari lingkungan hidup ataupun para wartawan. Nah disinilah pentingnya perusahaan Anda memiliki alat ukur.

Bayangkan kalau ada pihak yang mengalisa sampel air limbah Anda, dan ternyata menurut hasil analisa mereka IPAL Anda sangat merusak lingkungan. Padahal selama Anda bekerja disana, tidak ada tuh keluhan air effluent mencemari lingkungan. Dan semuanya terasa baik-baik saja.

Namun perasaan Anda, hanya akan menjadi perasaaan yang tiada berarti jika tidak didukung oleh data. Makanya! Penting, penting sekali memiliki alat ukur pada IPAL Anda. Sehingga jika ada dakwaan IPAL perusahaan Anda mencemari lingkungan, maka minimal Anda bisa membela diri karena menurut alat ukur yang Anda miliki semuanya masih oke! (Jangan lupa memastikan hasil alat ukur tersebut akurat).

3. Untuk Data History WWTP

Ingat ya sobat! Perasaan tidak bisa digunakan sebagai bukti ketika bersidang, Anda tetap harus memiliki history data-data hasil pengolahan air limbah selama Anda bekerja. Selain dibutuhkan ketika bersidang, Anda juga membutuhkannya ketika ada audit dari kantor pusat. Hayo.. Mau jadi temuan gara-gara tidak ada data IPAL?

Oh iya, ingat ya sobat ISO 14001 satu memerlukan data-data history jangan asal nembak hehe..

4. Fast Corrective dan Preventif Maintenance

Dengan memiliki alat ukur, Anda akan bisa membuat keputusan dalam waktu yang cepat. Sebab jika terjadi suatu error pada hasil effluent maka Anda sudah memiliki data tentang dari mana masalah tersebut berasal.

Hal ini amat penting, terlebih bagi suatu sistem WWTP yang menggunakan biological process. Ingat terlalu lama dibiarkan dalam keadaan error, maka si bakteri bisa mati dan Akhirnya IPAL Anda juga akan kolaps. Tentu Anda tidak mengingingkan IPAL Anda Kolaps gara-gara Anda tidak memiliki alat ukur untuk di IPAL bukan?

Plus dengan memiliki peralatan ukur sendiri seperti pH meter, TDS meter, Hardness Test kit, Amonia test Kit. Operator dapat segera mengetahui jika ada kesalahan dan dapat segera memperbaikinya tanpa menunggu lama-lama lagi.

5. Menghemat Dana Laboratorium

Dengan memiliki alat ukur sendiri, maka perusahaan Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan dana perbulan untuk pengujian sampel di LAB. Anda cukup berinvestasi sekali dan sudah bisa menghemat puluhan juta. Sebab beberapa alat ukur yang digunakan di IPAL harganya murah kok dan jika ditotal tidak akan sampai jual kolor hehe (Asli bos!)

Nah, sudah ada 5 Alasan mengapa memiliki alat ukur sendiri di WWTP itu sangat penting! Jadi tunggu apa lagi segera deh miliki alat ukur. Untuk Tau lebih lanjut alat ukur apa saja yang diperlukan di WWTP, silahkan lihat postingan dibawah :
- Daftar Alat Ukur Wajib Ada di WWTP dan WTP
- Pentingnya memiliki pH meter
- TDS meter, alat wajib pegangan operator WTP dan WWTP
- Mengapa harus mengukur DO?
- Hardness test kit murah, tapi bukan murahan!
- Cara pengetesan Amonia di Air limbah dengan Murah!
- Wajib di Periksa! Ini bahaya nitrat dan Nitrit dalam air
- Pengetesan Phospat dalam air
- Cara Menganalisa Jumlah COD dan BOD dalam Air limbah


Bagikan

Jangan lewatkan

Pentingnya Memiliki Alat Ukur di WWTP
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.