Monday, 25 April 2016

Pengertian Dissolve Oxygen dan Hubungannya dengan Kehidupan

Pengertian Dissolve Oxygen dan Hubungannya dengan Kehidupan


Pengertian Dissolved Oxygen

Pengertian Dissolved oxygen adalah suatu parameter yang menyatakan jumlah oxygen terlarut yang ada di dalam air. Setiap tempat perairan memiliki kada DO yang berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan suhu, kontur sungai dan juga kecepatan alir yang berbeda-beda pula.

Kenapa Bisa Ada Oxygen didalam air?
Hmm.. Anda tahu rumus dari air itu sendiri sudah H2O, yang berarti air itu juga terdiri dari unsur oxygen. Dan lebih dari itu, oxygen bisa ada didalam air dikarenakan atmosphere kita sendiri sudah mengandung oxygen sekitar 20% dari total udara yang Ada.

Ditambah lagi, tumbuhan yang ada dalam air akan berfoto sintesis sehingga menghasilkan oksigen didalam perairan. Btw lebih tepatnya oxygen yang ada di dalam air cukup banyak disumbang oleh cyanobacteria serta phytoplankton.

Lalu Untuk Apa Oksigen ada didalam Air?
Oke setelah mengetahui pengertian dari dissolved oxygen, teman teman harus paham bahwa Segala sesuatu yang Ada dibumi ini secara luar biasa telah diciptakan secara sempurna Oleh ALLAH SWT. Hingga Sang maha kuasa juga ternyata memperhitungkan hal ini. Kita ingat bahwa semua hewan bernafas menggunakan oksigen dan termasuk hewan hewan yang ada didalam air seperti ikan, kepiting, dan lainnya yang memerlukan oksigen untuk tetap hidup.

Dan kadar oksigen atau dissolve oxygen yang ada dalam air juga turut menentukan jenis ikan yang ada dalam perairan tersebut. Ikan lele misalnya, ikan yang hanya membutuhkan air dengan DO yang rendah mereka bisa hidup di air berlumpur. Namun ikan salmon, ikan yang membutuhkan air dengan DO yang tinggi, mereka hanya bisa hidup di air dengan suhu yang dingin ditambah dekat dengan aerasi alami (Sungai berkontur)

Apa Saja yang mempengaruhi Kandungan Dissolve Oksigen didalam Air
setidaknya ada 3 hal yang mempengaruhi kandungan Dissolve Oxygen didalam air, antara lain :
1. Kadar garam
Semakin tinggi kadar garam dalam air, maka semakin kecil jumlah oxygen didalam air tersebut, dan hal sebaliknya juga berlaku.

2. Suhu
Semakin rendah suhu, maka semakin besar kandunga oxygen didalam air tersebut. Dan semakin tinggi suhu maka dissolve oxygen yang ada dalam air akan semakin rendah.

3. Proses Aerasi
Hal ketiga yang mempengaruhi kandungan DO didalam air adalah adanya proses aerasi. Proses aerasi kalau di WWTP dilakukan dengan menginjeksi udara lewat kompressor atau blower kedalam air. Namun secara alami aerasi didapatkan dengan adanya kontur berkelok serta perbedaan tinggi antara permukaan air satu dengan lainnya. Secara mudah proses aerasi yang paling jelas terlihat adalah air terjun.

Lalu Kenapa DO Mesti Diukur?
Wah ternyata setelah bahas pengertian dissolve oxygen plus hal-hal lainnya teman-teman belum mudeng juga ya? DO atau Dissolve Oxygen harus diukur sebab dari pengertian diatas tentu kita tahu bahwa semua mahluk hidup baik didarat maupun di perarairan membutuhkan air. Ditambah lagi bagi kita yang bergelut dengan dunia waste water treatment maka kita pasti tahu ada syarat minimum dari Dissolve Oxygen yang harus dimiliki agar Biological process tetap berjalan adalah minimal Angka DO menunjukan 3 mg/L.

Semakin Banyak Sampah Di Air Maka DO Semakin rendah
Untuk teman-teman yang mantengin blog olah-air.com ini sejak awal, tentunya sudah mengerti tentang hal ini. sudah jelas bahwa setiap zat organik yang ada didalam air akan membutuhkan oxygen dalam usaha menghancurkan zat tersebut secara biological. Dan jumlahnya juga berbeda-beda ada yang hanya butuh 1,6 mg/L ada yang membutuhkan hingga 4,2 mg/L oxygen seperti Ammonia.
Oleh karena itu, dengan membuang sampah di perairan. Berarti kita telah membunuh mahluk hidup yang ada di air secara tidak langsung (Kalau tersinggung bagus :)).

Jaga Perairan agar memiliki DO yang Tinggi untuk lingkungan yang lebih asri
Cara menjaga lingkungan perairan tersebut adalah :
1. Tidak Membuang Sampah ke badan air
2. Tidak merusak sungai dengan membuat bangunan di sekitar sungai
3. Membantu membuat kontur-kontur berundak pada sungai
4. Bila perlu bantulah dengan menginjeksikan udara melalui blower atau kompressor
5. Untuk sungai yang mengandung Cemaran organik tinggi, bisa menggunakan Chemi Enzymax Bio Digester untuk menghancurkan pengotor organik lebih cepat dan menaikan nilai DO.


Salam Lingkungan


Mr.Anggi

Ingin Belajar water dan waste water treatment? Add Google plus Mr. Anggi dan teman-teman akan terus mendapatkan update tentang dunia water treatment.

Lihat Juga :
Cara Menurunkan BOD dalam Air
Teknik Dasar Pengolahan Air Limbah
Cara Menghilangkan Bau dari Air Limbah
Cara Menghitung Jumlah resin
Cara Menghilangkan Lumut dari Tangki

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Dissolve Oxygen dan Hubungannya dengan Kehidupan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.