Wednesday, 13 April 2016

Jenis-jenis Tangki di WWTP/IPAL

Jenis-jenis Tangki di WWTP/IPAL

apa saja jenis tangki ipal
Tangki Sand Carbon dan Softener biasanya ada di WTP

Assalammu'alaikum wr.wb. Apa kabar sobat olah-air.com sekalian?
Senang sekali akhirnya dipagi hari ini ada kesempatan untuk menyapa teman-teman.. Mudah-mudahan di bulan rajab ini kita semua mendapatkan keberkahan baik dari segala sisi.

Kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis tangki di WWTP/IPAL. Jenis tangki ini saya bahas untuk lebih memfamiliarkan teman-teman yang mungkin baru saja masuk ke dalam dunia pengolahan limbah sehingga dapat mengetahui istilah-istilah pada tangki tersebut dan juga fungsinya. Yah sekedar pengetahuan basic lah ya..

Tangki IPAL : Dibahas Berdasarkan Fungsinya dulu 

Oke? are you ready? Jika iya mari kita mulai membahas jenis-jenis tangki di WWTP/IPAL dari yang paling pertama. Btw jika teman-teman ada permintaan untuk pembuatan tangki, yuk segera saja hubungi PT. CHEMINUSA sehingga mendapatkan tangki dengan desain dan harga terbaik. Karena kami menyediakan tangki dari jenis PE, FRP, MS, dan SS.

1. Tangki Sum Pit

Sum Pit (dibaca : Sam Pit), bukanlah alat untuk makan mie ayam yang biasa ada di pinggir jalan. Namun tangki ini adalah tangki tempat berkumpulnya air limbah dari satu section yang sama. Misal dalam sebuah pabrik minyak goreng yang biasanya akan ada sum pit untuk area Raw Material (CPO) dan juga bleaching.
Fungsi dari Sum Pit ini adalah sebagai tempat pengumpul limbah untuk satu departemen yang sama.

Lihat Juga : Cara menghilangkan Lumut dari Tangki

2. Equalization Tank

Equal artinya sama atau serupa. Jadi menurut pemahaman Mr.Anggi pribadi Equalization tank disini adalah sebuah tangki yang difungsikan sebagai tempat berkumpulnya air limbah dari seluruh Sum Pit atau seluruh section. Jenis tangki kedua ini sudah umum ada hampir di setiap unit IPAL.
Di Tangki ini juga kita akan dapat menentukan jumlah debit air limbah optimal secara harian.
Biasanya di Equalization tank, ada beberapa alat untuk meng-equalkan atau menghomogenkan air limbah yang datang. Caranya adalah dengan semburan angin dari kompresor/blower ataupun dengan cara mixing menggunkanan vertical/submersible agitator.

Lihat Juga : Jual Tangki Panel Fiber Glass Berkualitas 

3. DAF Tank

Dissolve air floatation. Tangki ini adalah jenis tangki pengolahan air limbah yang mengandung suspended solid yang berasal dari floating organic material. Air limbah di injeksi dengan koagulan dan flokulan lalu diterbangkan atau dihembuskan dengan udara sehingga tss atau sludge akan berada dan terapung dibagian atas, sedangkan air yang lebih jernih ada dibagian bawah.
Lihat Juga : Cara Memilih pH meter untuk proses Water Treatment


4. Anaerob Tank

Jenis tangki IPAL ke empat ini adalah tangki yang digunakan untuk mengolah air limbah yang memiliki nilai BOD dan COD diatas 5000 mg/L. Proses didalamnya adalah proses fermentasi, lewat proses ini akan dihasilkan gas methane. Ukuran dari anaerob tank ini cukup bervariasi tergantung dari besarnya nilai COD dan BOD dari air limbah itu sendiri. Ada yang sebesar 5 kali flow air limbah perhari ada yang hanya 3 hari.
Lihat Juga : Mengenal proses Anaerob Tank

5. Tangki Aerasi/Aerob

Jenis tangki ke lima ini biasa kita temukan pada hampir setiap pengolahan air limbah. IPAL Rumah sakit, Domestik, food and beverages akan menggunakan tangki jenis ini. Biasanya teman-teman dapat mengenalinya dari adanya bubble yang keluar dari tangki ini yang berasal dari kompressor ataupun blower.
Fungsi dari tangki ini adalah untuk mengolah limbah secara biological dengan cara membuat bakteri dapat mencerna zat-zat pengotor dibantu dengan suplai oksigen yang cukup. (Ada bahasan khusus tentang tangki ini, silahkan cari di kotak search)
Lihat Juga : Jual Bakteri Aerob dan Anaerob

6. Sedimentation Tank

Jenis tangki ipal ke enam ini digunakan untuk mengendapkan sludge yang ada di air limbah. Pada umumnya bentuknya akan seperti cone shapped bottom, yakni sebuah tangki cylinder dengan ujung seperti cone eskrim.
Sedimentation tank ini, rata-rata akan dikoneksikan dengan alat dewatering seperti filter press ataupun drying bed.

Lihat Juga: Cara menemukan Penyebab kerusakan sistem IPAL


7. Discharge Tank

Nah kita sampai di jenis tangki terakhir nih ya.
Discharge tank adalah tangki yang digunakan sebagai tempat pengumpul air limbah yang telah diolah pada tahapan akhir. Titik penaatan pada IPLC akan ada di posisi ini, dan teman-teman akan mengenali tangki ini dengan adanya ikan ataupun mahluk hidup lain yang dipelihara disini. Fungsi ikan tersebut hanya sebagai indikator bahwa air yang dibuang sudah aman untuk mahluk hidup diperarairan.

Nah sobat olah-air.com sekalian. Hari ini sekian dulu sharing dari saya, mohon maaf kalau informasinya belum begitu lengkap. Silahkan Anda mencarinya di search box olah-air,com ini. Karena saya tidak mungkin meramunya menjadi satu artikel saja :)

Tetap semangat belajar dan saran terakhir adalah, Hubungi saya jika Anda mau membeli tangki (Kalau iseng2 doang jangan ya.. biaya transportnya euy sayang kecuali mau digantiin hehehe)
bakteri tetap akan hidup walaupun keadaan untuk tumbuh ternyata tidak optimal


Salam Olah-air.com


Mr.Anggi

Bagikan

Jangan lewatkan

Jenis-jenis Tangki di WWTP/IPAL
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.