Friday, 8 April 2016

Jenis-Jenis Chemical untuk Boiler

7 Jenis Chemical / Bahan Kimia pada Boiler Treatment

Boiler meledak hingga menewaskan 6 orang pekerja. Jangan Main-main dengan Boiler Treatment!

Boiler adalah salah satu bagian yang sangat penting yang keberadaannya bisa kita temukan pada hampir setiap pabrik terutama pada pabrik pensuplai tenaga listrik seperti PLTU.

Boiler berfungsi dengan menguapkan air menjadi steam untuk kemudian steam tersebut digunakan sebagai penggerak mesin-mesin produksi ataupun mesin lainnya. Dan sebagai bahan bakar, kita akan menemukan batu bara, minyak bumi ataupun uap panas yang digunakan sebagai bahan bakar dari boiler ini.

Nah tadi kita dengar ada steam, berarti ada air dong?

Yup betul sekali sebab boiler juga secara langsung berhubungan dengan dunia water treatment karena pada pengoprasian sebuah boiler tidak akan terlepas dari yang namanya air, dan chemical untuk proses water treatmentnya. Sehingga sekarang ini banyak sekali perusahaan-perusahaan baru bermunculan yang menjual chemical untuk boiler.

Apa sih Fungsi dari Chemical pada Proses Boiler?

Seperti yang kita sudah pelajari sebelumnya di olah-air.com. Bahwa sebenarnya dalam air terdapat banyak sekali kandungan mineral dan juga zat pengotor lain yang membuat karakter dari setiap air itu berbeda-beda dan unik sekali.
Kandungan mineral dan pengotor tersebut lah yang harus kita antisipasi dalam setiap proses boiler. Sebab mineral-mineral tersebut jika tidak ditangani secara serius dapat menyebabkan kerusakan pada sistem baik di boiler hingga di mesin produksi. Bahkan Anda juga bisa menjumpai suatu boiler meledak dengan dahsyatnya karena air yang digunakan sebagai feed water dari boiler tersebut tidak di treatment secara benar. Wuidih Ngeri ya..

Sehingga hingga diparagraf ini, kita dapat memberikan garis besar utama dari digunakannya chemical untuk boiler adalah dalam rangka menjaga kondisi boiler sehingga bisa tetap bekerja dengan baik dan optimal.

Lalu apa saja jenis Chemical yang Umum Digunakan pada Boiler?

1. Anti Scalant
Sesuai namanya Anti scalant adalah Chemical yang digunakan untuk mencegah terjadinya scale pada boiler. Scale biasa terjadi karena adanya hardness atau kesadahan yang disebabkan adanya Ca atau Mg.
Anti scalant akan berfungsi mengikat si Ca alias kalsium dan Mg alias Magnessium. Sehingga kedua zat ini tidak akan membentuk scale tetapi malah membentuk senyawa kompleks yang larut dalam air sehingga nantinnya akan keluar pada saat blow down.
Dan Jika sobat memerlukan Anti Scalant, silahkan hubungi kami. Karena kami akan memilihkan Anti Scalant yang terbaik untuk boiler sobat. Berdasarkan kondisi jenis boiler, jenis air yang digunakan, serta tujuan digunakannya boiler.

2. Anti Corrosion / Corrosion Inhibitor
Anti Corrosion berfungsi sebagai bahan kimia yang mencegah terjadinya korosi pada boiler. Korosi pada boiler terjadi karena alkalinity atau pH pada boiler terlalu rendah sehingga zat asam akhirnya memakan lapisan metal pada boiler.
Selain itu, corrosion juga Bisa terjadi karena cukup tingginya zat oksigen dalam air sehingga oksigen tersebut mencoba bergerak mengembalikan besi ke bentuknya yang semula yakni berupa oksida besi (Kalau bingung coba baca vogel om).
Anti Corrosion atau Corrosion Inhibitor, bekerja dengan menjaga pH pada boiler water untuk tetap berada pada posisi basa sehingga tidak akan terjadi korosi karena asam. Selain itu Corrosion Inhibitor juga membantu menangkap oksigen sehingga oksigen tersebut tidak bereaksi dengan permukaan boiler yang nantinya menyebabkan korosi.
Untuk mendapatkan penawaran Anti Corrosion atau Corrosion Inhibitor terbaik bagi boiler Anda. Silahkan Hubungi Kami Disini.

3. Boiler Descaler
Bahan kimia atau chemical yang satu ini berfungsi untuk membersihkan boiler dari scale yang menumpuk. Dengan menggunakan bahan kimia ini, scale yang terbentuk baik dari Hardness scale, Sulphate scale ataupun Sillicate scale akan segera rontok dan di blowdown. jauh lebih mudah dari pada Anda harus menggetok scale tersebut hehe...

4. Oxygen Scavanger
Oxygen adalah salah satu penyebab terjadinya korosi pada boiler. Dengan menggunakan oxygen Scavanger, oxygen akan diikat dalam ikatan kimia sehingga tidak lagi akan bereaksi dengan permukaan boiler.

5. Dealkalizer
Walaupun nilai alkalinitas pada boiler disebut baik jika berada pada pH 8-10. Namun ternyata pada keadaan tertentu nilai alkalinitas yang terlalu tinggi malah bisa menyebabkan masalah. Seperti Blow down yang lebih sering, dan juga steam dengan kualitas yang rendah (akibat banyak mengandung uap CO2). Oleh karena itu, Dealkalinizer bekerja dengan menyingkirkan nilai alkali dari zat-zat pengotor yang tidak diinginkan. 
Dengan menggunakan Dealkalinizer, boiler akan lebih efektif dalam memproduksi steam yang berkualitas tinggi. Mengurangi konsumsi bahan kimia dan juga mengurangi operational cost.


6.  Alkali Builder
Sesuai dengan namanya, bahan kimia boiler yang satu ini digunakan untuk mengkondisikan air pada boiler sehingga berada pada level alkalinitas yang aman. Dan juga tidak berasal dari zat pengotor yang dapat membuat boiler berkurang tingkat efesiensi dan efektifitasnya.

7. Surface Coating Chemical
Mungkin jenis bahan kimia yang ini belum begitu dikenal. Namun percayalah bahan kimia jenis ini ada benar tersedia dan dipelukan dalam proses boiler. Fungsi dari bahan kimia boiler ini adalah untuk memberikan lapisan perlindungan pada permukaan bagian dalam boiler sehingga lebih kuat terhadap serangan scale ataupun serangan korosi. 
Bahan kimia jenis ini digunakan pada boiler dengan pressure yang sangat tinggi, yang rentan terjadi reaksi amonia ataupun senyawa lainnya yang dapat merusak boiler dan sulit ditangani oleh chemical lain.

Nah teman-teman, 7 jenis chemical tadi adalah chemical yang biasa terdapat pada boiler water treatment. Jika teman-teman membutuhkan bahan kimia untuk boiler, jangan ragu untuk segera menghubungi kami. Karena kami pasti akan segera memberikan bantuan dan penawaran yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Silahkan hubungi kami segera, Untuk mendapatkan penawaran Boiler Chemical Terbaik di :
HP : 0852.8832.5902 / 0878.7373.3767
Telp : 021-227.11.321
Email : admin@cheminusa.com


Bagikan

Jangan lewatkan

Jenis-Jenis Chemical untuk Boiler
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.