Wednesday, 6 April 2016

5 Tips Cara Menghilangkan Lumut dari Tangki

5 Tips Cara Menghilangkan Lumut dari Tangki

Lumut biasa tumbuh ditempat terbuka dan terpapar sinar matahari


Hallo, apa kabar sobat olah-air.com sekalian. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang lumut dan tangki serta korelasinya.

Kenapa sih bahas soal lumut?

bahasan kali ini tiba-tiba muncul karena beberapa hari yang lalu ada seorang rekan yang menelepon saya dari sebuah kawasan di daerah cikarang yang mengeluhkan adanya lumut yang tumbuh pada tangkinya. Dan tentu saja hal tersebut membuatnya repot harus berulang kali menguras tangki tersebut. Sebab airnya akan digunakan sebagai air baku untuk bahan produksi. Wuaduh repot juga euy kalau harus menguras tangki terus-terusan gara-gara lumut.


Terus bagaimana cara menghilangkan Lumutnya?

Ooo.. Sabar kawan, mari kita kenalan dulu dengan penyabab si alga ini bisa tumbuh. Sehingga cara penanganan lumut tersebut bisa efektif. Istilahnya mari selesaikan dari akarnya. Karena begitu kita mengetahui cara mencegah agar akar atau penyebabnya tidak ada di air kita. Maka Lumut sudah pasti akan hilang dengan sendirinya. Jadi berikut ini adalah beberapa sebab kenapa Lumut bisa timbul di tangki Anda.

1. Adanya Nutrisi
Ada gula ada semut, ada makanan lumut ya disana ada lumut :)
Yup salah satu syarat tumbuhnya lumut adalah adanya nutrisi yang diperlukan bagi lumut. Apakah nutrisinya? tentu adalah zat organik dan juga beberapa mineral seperti Pospat. Biasanya zat-zat tersebut secara alami ada di raw water (Air yang belum ditreatment) atau bisa juga terbawa udara sehingga masuk kedalam sistem air Anda.

2. Adanya Cahaya
Yup.. Lumut adalah termasuk tanaman yang membutuhkan proses fotosintesis untuk dapat menghasilkan makanan. Dan salah satu syarat fotosintesis adalah adanya cahaya. Sehingga kita akan lebih sering menjumpai terjadinya lumut pada area tangki yang terpapar cahaya. Baik secara langsung maupun sebagian.

Lihat Juga : Proses Mengurangi Lumpur di Air Limbah

3. Suhu Hangat
Satu lagi syarat tumbuhnya lumut pada tangki adalah adanya suhu yang hangat. Biasanya lumut akan tumbuh pada tangki yang memiliki suhu diatas 25 derajat sampai 37 derajat.

4. Ada bibit Lumut
Yang ini sih sudah jelas, namun sampai sekarang saya pribadi masih suka heran dari mana sih bibit lumut itu sendiri datang? hmm.. Maha Besar Allah yang bisa menumbuhkan yang hidup dari ketiadaan.

Oke ya kita sekarang sudah tau apa saja penyebab dari lumut. Maka sekarang kita tinggal mencari solusinya. Hmm.. Ini yang ditunggu oleh teman-teman pencari jawaban praktis.


Oke apa saja tipsnya untuk menghilangkan lumut dari tangki?


1. Cat Tangki Anda Dengan Warna gelap
Salah satu alasan adanya lumut karena adanya cahaya. Sehingga minimalisir lah adanya cahaya dalam tangki Anda dengan melakukan pengecatan menggunakan warna gelap. Dijamin Lumut akan sulit tumbuh pada tangki.

2. Hilangkan Potensi makanan
Proses filtrasi dengan menggunakan sand, carbon plus ultrafiltration akan menangkap zat-zat organik serta sebagian mineral yang dapat menjadi makanan bagi si lumut. Sehingga dengan menggunakan pre treatment maka lumut nantinya akan sulit tumbuh.

3. Menambahkan BioCide atau Anti Algae
Opsi ini bisa diambil jika air tadi tidak akan digunakan sebagai produk namun hanya sebagai air untuk cooling tower atau boiler. Penambahan bio cide akan membunuh bibit bibit alga atau lumut sehingga mereka tidak bisa tumbuh. Namun cara menghilangkan lumut yang ini harus dipergunakan secara hati-hati karena beberpa lumut ada yang mampu beradaptasi jika pemberianya terlalu banyak atau dilakukan dalam jangka waktu yang terlalu lama jedanya.

Lihat Juga : 7 Alasan Kenapa Anda harus Merevitalisasi Air Hujan

4. Menggunakan Scrubber atau penyaring lumut
Cara menghilangkan lumut yang satu ini bisa dipilih jika ukuran air yang ada ditangki tidak terlalu banyak. Caranya kita bisa membuat suatu jenis saringan pada bagian inlet atau sirkulasi air sehingga nantinya lumut akan tertangkap disana.

5. Bersihkan dan Kuras
Walaupun cara-cara diatas sudah dilakukan. Setidaknya Anda harus tetap menguras tangki setiap 3 sampai enam bulan sekali untuk mencegah lumut atau ada zat yang tidak diinginkan berada di tangki Anda.

Sekian artikel kita kali ini. Mari bekerja.

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Tips Cara Menghilangkan Lumut dari Tangki
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.