Saturday, 26 March 2016

Mengenal Tekanan Hidrostatis

Mengenal Tekanan Hidrostatis


Selamat pagi, salam sehat dan sejahtera buat rekan-rekan. Dan Assalammu'alaikum Wr. Wb. untuk rekan-rekan saya yang beragama islam, semoga rahmat dan keselamatan selalu tersedia untuk kita.

Hari ini, mungkin kita akan sedikit berbicara tentang hal lain yang mungkin tidak terkait secara langsung dengan pengolahan air. Namun sebenarnya cukup penting juga untuk diketahui. Apa yang akan kita bahas adalah tentang tekanan hidrostatis.

Mengapa Penting Untuk Dibahas?
Dalam proses water treatment tentunya kita akan sering sekali menjumpai bejana atau tangki yang berukuran besar hingga sangat besar yang mampu menampung air hingga ratusan ton. Dan suatu perhitungan terhadap tekanan hidrostatis dapat membantu untuk memastikan 90% bahwa tangki yang kita instal tersebut tidak jebol.

Lihat Juga : Cara Menghitung Ukuran Tangki Aerasi

Yang kedua, dengan mengetahui konsep ini setidaknya Anda jadi akan mengetahui kenapa untuk mengukur kedalam suatu bejana kita menggunakan tekanan sebagai salah satu parameter. Dan ga mungkin juga pake meteran ya hahaha.

Prinsip Utama Tekanan Hydrostatis
Prinsip utama dari tekanan ini adalah (sebenarnya bukan prinsip tapi hal yang harus diperhatikan kali ya) yakni ketinggian air didalam bejana. Semakin tinggi si air maka tekanan hidrostatis yang ada dibagian bawah akan lebih tinggi lagi.

Hal ini menjelaskan kenapa kalau kita sedang menyelam di laut, semakin dalam kita menyelam maka semakin sakit dada ini (Bukan sakit putus cinta bro). Hal ini terjadi karena adanya tekanan hidrostatis dalam air.

Dalam hal ini yang penting untuk Anda ketahui adalah semakin dalam suatu vessel maka tekanan air akan semakin besar diujung sana. Dan hal tersebut juga akan berpengaruh pada ketebalan material yang ada dibawah sana.

Lihat Juga : Cara Menurunkan Tingkat Kesadahan Dalam Air

Hindari Tangki Tinggi
Untuk volume-volume tangki dibawah 100m3 sebenarnya masalah ini tidak terlalu menjadi isu sebab sudah cukup banyak tangki factory made yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Namun begitu sudah mencapai diatasnya maka kita harus benar-benar concern dan dalam memperhitungkan ketebalan plate dari si tangki tersebut.

Bagaimana Cara Menghitungnya?
Hmm.. Anda mau menghitung Tekanan Hydrostatis atau mau menghitung ketebalan tangki?
Untuk menghitung tekanan hidrostatis Anda hanya perlu ingat 3 huruf. Yakni pgh yang berarti tekanan hidrostasi adalah perbedaan tekanan antara tekanan permukaan dengan tekanan yang berada di tempat yang kita ukur.

Sumber gambar : Strong medicine
Kalau untuk menghitung ketebalan si tangki selanjutnya akan dijelaskan pada artikel berikutnya saja ya. Karena nanti akan ada tangki bertekanan dan tidak dan memerlukan banyak sekali kalkulasi.
Tapi yang harus saya tekankan adalah. Semakin tinggi suatu tangki maka semakin besar tekanan yang akan diterima oleh dinding dibagian bawah, dan sebaiknya Anda berhitung sampai kesana. (Panggil Engineer dari Cheminusa aja dah).

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Tekanan Hidrostatis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.