Friday, 25 March 2016

Cara Mudah Menghitung Head Pompa

Berhitung Head Pump Ala Koboy

Salah satu perhitungan adalah dilihat dari jarak secara vertikal maupun horizon


Assalammu'alaikum Wr. Wb.
Hallo sobat sekalian, senang sekali bisa menulis lagi. Kali ini kita akan membahas bahasan yang cukup ringan dan enteng plus selalu dibutuhkan saat mendesain suatu water treatment plant. Yakni tentang cara menghitung head pompa secara mudah.


Hitungan Ala Koboy untuk Head Pump

Yup saya tidak akan menghitung dengan cara-cara yang sulit dan jelimet (Meskipun itu yang benar) karena sebagai engineer dilapangan kita sudah pasti diminta memberikan perhitungan dengan cepat dan akurat. Dan sejauh pengalaman saya perhitungan model inilah yang paling mendekati dan banyak sekali dipergunakan oleh para engineer.

Btw buat Anda yang berasal dari lingkup teknik mesin, mungkin apa yang tertulis disini tidak cocok untuk menjadi konsumsi Anda karena cara menghitung head pompa ini adalah cara saya pribadi supaya mudah saja. Nanti kalau sudah tahu perkiraanya berapa kan kita tinggal lihat saja ke tabel yang ada di katalog pompa hehehe (Kalau bisa gampang ngapain ribet).

Lihat Juga : Teknik dasar Pengolahan Air yang Harus Kamu tahu

Data Apa Saja yang diperlukan

1. Data Jarak Secara Vertikal dimana Air akan melaju
Yup kalau boleh cerita secara praktek. Head adalah kekuatan pompa untuk menyemburkan cairan ke udara secara vertikal (Kalau Anda bayangkan semburannya adalah seperti semburan lumpur lapindo yang ngacleng ke atas). Anda harus mengetahui ke mana si Discharge akan melaju. Dan data ini harus dicatat.

2. Data Jarak Secara Horizontal
Kalau yang ini adalah dataa piping yang Anda perlukan untuk dicatat. Karena setiap 10 meter horizontal akan diperkirakan sama dengan 1 meter head. Yup sekoboy itulah kita akan berhitung. Ngaco? engga.. coba tanya sana-sini hasilnya pun tidak akan jauh berbeda.

3. Data Fitting, Elbow dsb
Selanjutnya yang Anda harus tahu adalah ada berapa kelokan yang akan dilalui oleh si fluida hingga sampai ke tempat yang dituju. Dan ini adalah salah satu data yang Anda perlukan secara mutlak untuk mendapatkan perhitungan dari head pompa.

lihat Juga : Jenis-jenis membrane RO

Sekarang Mari Berhitung Head Pompa


Setelah semua data kita dapatkan, mari memperhitungkan tentang headnya. Andaikan saja kita mendapatkan data sebagai berikut :
Perbedaan Tinggi : 3 meter
Total Track Horizontal : 100 meter
Total Kelokan : 7 Kelokan

Sehingga head dari pompa adalah : 3 + (100/10) + (7 x 0.5) = 16.5 meter Head
Total Head Pump jika disesuaikan dengan pompa adalah : (16.5 x 10)/7 = 23.6 mH

Yup sekian perhitungan ala koboy tentang cara cepat menentukan head suatu pompa. Btw pompa yang saya maksudkan ini adalah pompa air ya bukan pompa untuk liquid dengan spesific gravity yang lebih berat dari air (Karena perhitungannya sudah pasti berbeda).

Salam Hangat


Mr. Anggi

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mudah Menghitung Head Pompa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.