Wednesday, 23 March 2016

Mengenal Water Hammer dan Cara Mengatasinya

Water Hammer dan Cara-Cara Dalam Mengatasinya (Hydraulic Shock WH)

definis dan cara menanggulangi water hammer adalah dengan peralatan safety
Kalau Hammer yang Ini berbeda Konteks
Dunia engineering adalah sebuah dunia yang sangat menarik untuk dibahas. Karena setiap aspek bahkan celah sekecil apapun bisa menyebabkan kegagalan sistem atau bahkan kerusakan yang cukup parah hingga sistem tersebut terpaksa harus berhenti.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mendesain suatu water treatment ataupun steam system adalah terjadinya water hammer.

Definisi : Apa sih water Hammer?

Kalau Anda ingat hammer, tentunya ada yang langsung nyeletuk dimana sih water hammer? Apakah sejenis mjolnir hammer milik Thor? Halah (Gubrag)
Water hammer adalah sebuah istilah (Yang entah siapa memulai istilah tersebut) yang menggambarkan adanya serangan balik dari air ataupun fluida akibat adanya shock atau tekanan yang terjadi secara tiba-tiba.
Dalam skala kecil water hammer ini akan menyebabkan suatu sistem perpipaan bergetar ataupun tiba-tiba timbul suara. Namun jika kekuatan shock yang ditimbulkan cukup besar maka akan menimbulkan serangan yang cukup mengerikan seperti pecahnya pipa hingga kerusakan pada alat dan terkadang membrane juga bisa ikut robek karenanya.

Penyebab Water Hammer dan cara menanggulanginya

Sebelum kita menanggulangi water hammer, kita harus mengenal terlebih dahulu tentang apa saja hal yang membuat water hammer ini terjadi. Karena sesuai dengan kaidah kausalitas tentunya tidak akan ada akibat mendahului sebab. So, let's learn about the cause first.

Hydraulic Shock

Penyebab pertama terjadinya water hammer yang harus Anda ketahui adalah adanya Hydraulic Shock. Yakni terjadinya penutupan katup secara tiba-tiba, sehingga air yang tadinya mengalir secara kencang akan memantuk ke segala sisi hingga kekuatan alirannya terdistribusikan seluruhnya.

Analogi mudahnya adalah seperti Anda melempar bola bekel ke lantai ataupun ke tembok tentunya di akan segera berbalik ke arah Anda. Yah kira-kira mirip seperti itu. 

Water hammer bisa terjadi karena valve ditutup secara tiba-tiba sehingga cara menanggulanginya adalah dengan melakukan penutupan secara perlahan pada valve yang sedang mengalir airnya. Atau bisa juga dengan membuka valve lainnya sebelum valve tersebut ditutup.

cara pencegahan water hammer adalah dengan kebaikan


Hydraulic Shock juga terjadi pada pada sistem karena digunakannya swing check valve. Penutupan valve secara tiba-tiba bisa mengakibatkan hydraulic shock juga dan akhirnya terjadilah water hammer. Solusinya adalah dengan menggantinya dengan check valve jenis sealant. Btw.. kalau flownya tidak terlalu besar sebenarnya tidak perlu-perlu banget sih, tapi pada safety practice beberapa perusahaan tetap mensyaratkan digunakannya si seal valve ini.

Cara lainnya yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan water hammer arrester. Bentuknya seperti sebuah tabung silinder yang nantinya akan menangkap si water hammer dan melepaskan tekanan tersebut ke udara bebas.
water hammer ditangkap lewat water arrester
Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan pressure reducing valve, yang akan mengatur pressure kembali pada jalur pipa sehingga water hammer yang terjadi dapat diredam.

By The way mungkin akan cukup panjang kalau kita menjelaskan semua water hammer disini. Oleh karena itu saya akan melanjutkan postingan ini di Postingan sesi kedua

Lihat Disini : Water Hammer karena Thermal Shock dan Penanggulangannya 

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Water Hammer dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.