Monday, 7 December 2015

Reverse Osmosis : Cost Apa Saja yang Perlu Anda Pikirkan

Reverse Osmosis : Cost Apa Saja yang Perlu Anda Pikirkan


Reverse Osmosis adalah teknologi yang telah banyak digunakan untuk membantu mendapatkan air murni dari air dengan kadar garam yang tinggi. Kemudahaan pengoprasian, perawatan serta pemasangan, murahnya operational cost,  membuat Reverse Osmosis System terus diminati diseluruh dunia.

Namun benarkah begitu?

Mungkin sebagian besar dari kita akan langsung meloncat kegirangan mengetahui kehebatan Reverse Osmosis System ini. Namun, jangan senang dulu karena ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang Reverse Osmosis. Khususnya masalah COst dari Reverse Osmosis Ini.
Hingga saat ini sudah tercatat ada ratusan desalination plant yang telah dipasang di seluruh dunia, dengan jumlah terbanyak terdapat di daerah middle east. Dan tentu saja setiap reverse osmosis system plant akan memiliki perhitungannya sendiri mengenai cost mereka. Namun dalam artikel ini saya akan mencoba memberikan beberapa pandangan singkat mengenai Cost dari Sistem Reverse Osmosis.

Ada 3 hal yang harus Anda perhatikan dan masukan kedalam cost dari sistem pengolahan air ini.
Cost Reverse Osmosis


1. Pretreatment Cost

Sebuah sistem reverse osmosis tidak dapat berdiri sendiri. Revese Osmosis system sangat rapuh dan rentan rusak jika tidak diberikan beberapa pretreatment system.
Pretreatment system untuk RO berupa beberapa rangkaian filter ditambah dengan tangki dan lainnya. Dan cost untuk pretreatment reverse osmosis akan semakin besar, ketika SDI yang anda miliki juga besar.
Untuk sebuah sistem Reverse Osmosis standar, Anda harus mempersiapkan beberapa preatreatment seperti:

- TSS Removal Filter (Sand FIlter)
Sangat disarankan untuk memasang filter ini untuk menjaga agar tidak ada partikel makro yang masuk kedalam membrane RO anda. Karena sedikit saja suspended solid masuk ke membrane Anda, maka akan mempengaruhi terhadap output dari permeate sistem Reverse Osmosis.

Lihat Juga : Water Treatment Website (Tulisan Mr. Anggi Khusus Bhs Inggris)

- Organic and Chlorine Absorber (Carbon Active Filter)
Jika Anda menggunakan air  yang bersumber dari water company ataupun air dari sumur. sangat disarankan untuk memasang sebuah carbon active filter. Sebab membrane RO tidak tahan terhadap kaporit dalam jumlah lebih dari 2 ppm.

Ditambah lagi, zat organik yang masuk kedalam membrane RO dapat membuat membrane dari sistem reverse osmosis akan cepat mampet karena terjadi pertumbuhan bakteri ataupun alga di dalam membrane anda. Dan tentu saja akan menambah cost Anda.

- Manganness and Iron Catcher Filter (Green Sand Filter)
Filter ini juga amat disarankan untuk dipasang dalam sistem Reverse Osmosis Anda untuk menjamin kestabilan produksi.

Umumnya mangan dan iron dapat kita jumpai dari air sumur ataupun air yang dialirkan oleh pipa mild steel. Dan pemasangan green sand filter ini juga tentu merupakan sebuah cost juga untuk Anda.

- Water Softener System or Anti Scaling Chemical

Air sadah, mengandung banyak Calsium dan magnesium yang dapat membuat scaling terjadi terhadap membrane. Semakin tinggi kadar kesadahan dalam air maka semakin cepat membrane dari reverse osmosis sytem Anda akan tersumbat, dan tentu saja membuat Anda harus mengeluarkan cost extra untuk penggantian membrane yang lebih cepat.

Solusinya Adalah, Anda harus memasang water softener system atau memasang chemical sebagai Anti Scale.

- Ultrafiltration Membrane
Digunakan untuk air yang mengandung banyak sekali kandungan zat organik didalamnya. Penggunaan yang paling umum adalah pada Reverse Osmosis System yang berada di laut atau biasa disebut sebagai desalination plant.

Direkomendasikan Untuk Dibaca : Pengenalan Sistem Reverse Osmosis

2. RO Installation Cost and Fabrication Cost

Cost yang harus Anda persiapkan selanjutnya adalah cost yang berasal dari installasi Reverse Osmosis. Penting sekali untuk diingat bahwa sistem reverse osmosis bukan terdiri dari membrane ro saja.
Sistem Reverse Osmosis terdiri dari beberapa bagian seperti : RO Feed Pump, RO Booster Pump, RO membrane vessel, RO Membrane, RO Installation SKID, TDS or Conductivity meter (In and Out).
Cost untuk suatu sistem RO package adalah sekitar 5000 USD untuk setiap 1 m3 air perjam. atau setara dengan 6000 GPD.


3. Cost Reverse Osmosis pada Operasional

Untuk skala rumah, Cost untuk RO mungkin hanya berkisar pada biaya listrik serta cleaning bulanan. Namun untuk skala industri cost pada sistem reverse osmosis ini akan cukup banyak. Karena akan ditambah dengan biaya operator, listrik, chemical, serta penggantian membrane tahunan.

Kesimpulannya 
RO dengan segala kelebihannya tetap memiliki cost yang harus Anda perhitungkan. Untuk membuat Sistem Reverse Osmosis Anda lebih awet dan tahan lama, Anda harus memasang pretreatment dan juga melakukan maintenance berkala pada sistem RO Anda.
Namun begitu, hingga saat ini reverse Osmosis system tetaplah sebuah sistem yang menjadi pilihan terbaik untuk memurnikan air dengan cost yang paling rendah.
By The Way.. Ngapain Sih Pusing2 Mikir Sendiri???
Udah.. Telepon Aja ke Ahlinya ==>> 0852 8832 5902 
(Mr. Anggi Nurbana)



Bagikan

Jangan lewatkan

Reverse Osmosis : Cost Apa Saja yang Perlu Anda Pikirkan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.