Friday, 18 December 2015

Pentingnya Pipe Rack Dalam Water Treatment System

Pentingnya Pipe Rack Dalam Water Treatment System


Hallo, apa kabar?
Alhamdulillah bulan desember ini saya semangat sekali menulis di olah-air.com. Mungkin karena banyaknya teman-teman disini yang memberikan apresiasi yang cukup bagus bagi blog saya ini.

Kali ini mungkin saya tidak akan bercerita tentang sistem water treatment itu sendiri. Namun akan menyentil pada suatu bagian yang mendukung si sistem water treatment, yaitu Pipe Rack.

Apa itu Pipe Rack?

Sesuai dengan namanya, pipe rack adalah suatu rak yang dibuat untuk membuat jalur pipa terlihat seragam dan lebih cantik. Namun begitu, fungsi pipe rack bukan hanya itu. Pipe rack juga memberikan suatu kesan sistem water treatment yang dibuat benar-benar digarap secara serius dan profesional. Plus plus.. Pokoknya masih banyak lagi.

Menarik : Cara Mudah Mengenali Zat Pencemar Di Dalam Air


Pipe Rack, Penting Ga Sih?

Terkadang dalam sebuah sistem water treatment, saya tidak menjumpai adanya pipe rack khusus yang memberikan jalur yang jelas bagi pipa. Namun beberapa memang ada. Beberapa kontraktor yang peduli dengan pipe rack ini salah satunya adalah tempat saya bekerja dahulu di PT. Fujikasui Engineering Indonesia, yang sekarang bernama Kubota Kasui Indonesia.

Bagi beberapa kalangan praktisi, keberadaan pipe rack ini bisa dibilang tidak begitu penting. Sebab mereka sendiri tidak membuatnya secara khusus. Namun bagi para kontraktor profesional dan berkualitas tinggi, Pipe Rack itu wajib adanya dan Penting.

Kenapa Sih Pipe Rack Itu Penting?

Berikut ini adalah beberapa alasan yang saya tuliskan mengapa sih Pipe Rack itu penting untuk dibuat di sebuah sistem Water Treatment.
1. Memberikan Kesan Profesional
Ada harga tentu ada rupa, begitulah kira-kira sebuah quote yang saya baca di situs kaskus.co.id (hallo gan saya juga kaskuser).
Keberadaan suatu pipe rack untuk dalam sebuah sistem water treatment, akan memberikan kesan profesional pada kontraktor yang mengerjakanannya. Karena, selain mengerti tentang prinsip dan juga sistem kerja. Kontraktor profesional juga tentunya mengerti nilai estetika yang membuat hasil karya mereka terlihat lebih indah dan tidak njelimet.
Dan untuk customer, tentunya hal ini juga akan membuat mereka senang. Karena mereka sudah membayar harga yang lebih mahal, dan mereka memang mendapatkan sebuah karya seni yang indah.

2. Memudahkan Perbaikan Pipa
Bisa dibayangkan jika suatu jalur pipa dibuat se-enak udelnya dengan tujuan yang penting asal connect?
Tentunya Anda akan melihat pipa malang melintang masuk dari satu tangki ke tangki yang lain tanpa ada pola jelas dan beraturan.
Ah.. Bukankah tidak mengapa? yang penting sistemnya jalan
Oke jika sebagian praktisi berargumen seperti itu. Namun apakah mereka tidak memikirkan hal yang akan terjadi jika suatu saat perlu dilakukan perbaikan pada line pipa tertentu karena adanya kebocoran ataupun kerusakan lainnya?

Jika tidak menggunakan pipe rack, tentunya sang teknisi akan dengan sangat kesulitan memperbaikinya. Karena tidak ada jalur dan ruang khusus yang disediakan jika suatu emergency case terjadi. Dan percayalah.. Saya sudah sering menemukan hal seperti ini.


3. Memudahkan Pembacaan Sistem
Jika Anda sering mampir ke area WTP (Water Treatment Plant) ataupun WWTP (Waste Water Treatment Plant). Tentu Anda akan menemukan gambar besar yang memberikan penggambaran dasar tentang bagaimana sistem itu berjalan (Biasa disebut sebagai basic flow sheet).
Dan saya yakin, tempat yang menyediakan gambar besar tersebut juga dibuat dengan tambahan pipe rack yang cantik.

Namun, bayangkan jika Anda menemukan suatu sistem yang jalur pipanya tidak beraturan. Pasti Anda akan pusing lebih dari 7 keliling. Karena harus merunut satu persatu untuk memahami bagaimana sistem tersebut berjalan. (Sumpah.. Saya pernah menemukan hal ini juga).

Kesulitan terbesarnya adalah ketika, operator lama berhenti kerja dan operator baru masuk untuk menggantikannya. Maka akan dibutuhkan lebih dari 1 minggu untuk memahami sistem tersebut. Baru kemudian si operator dapat menjalankan water treatment plant tersebut dengan baik. Coba deh Anda bayangkan berapa banyak Lost yang harus diderita perusahaan.

4. Pemasangan Pipe Rack akan memberikan Area Lebih Safety
Sebuah sistem yang turut dipasangi pipe rack, akan memberikan ruang gerak dan area allowance lebih besar (dalam hal ini area untuk perbaikan dan man movement akan lebih besar). Dan seperti yang sudah dikemukakan pada point nomor dua, perbaikan akan lebih cepat dan lebih mudah  dilakukan.


5. Pipe Rack Dapat Meredam Gaya Kejut
Apakah Anda pernah melihat suatu ubin yang baru saja disemen? tentu diatasnya akan diberikan papan, sehingga walau masih basah ubin tersebut sudah dilewati.

Prinsip tersebut berhubungan dengan Semakin besar Luas Permukaan maka gaya yang diterima akan semakin kecil. 

Begitu pula hubungannya dengan Pipe Rack. 
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan pipe rack, maka pipanya akan lebih awet dan tidak mudah pecah karena gaya kejut yang terjadi diredam oleh luas permukaan dari pipe rack. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba pipa Anda pecah karena sebab gaya kejut (Ya setidaknya selama beberapa tahun Anda dapat duduk tenang).

Akhir Cerita : Pipe Rack Itu Penting

Mungkin lima hal tadi saya rasa cukup untuk berkenalan dengan yang namanya pipe rack dan anda bisa melihat betapa pentingnya keberadaan dari pipe rack itu sendiri.
Walau begitu, semua tentu akan kembali pada customer. Apakah mereka hanya mengejar harga, atau mereka melihat aspek keselamatan lainnya juga?

Hehe.. Sebab sayapun memasang pipe rack hanya pada customer yang benar-benar peduli pada keselamatan dan aspek keindahan dan bagi yang tidak dipasang yah.. mungkin belum berpikir kesana (Percaya deh bro disetiap BQ yang saya buat saya sudah memasukan Pipe Rack didalammnya).

Sekian Sharing Kita hari ini, saya harap kita dapat berjumpa dilain kesempatan :)

Salam Olah-Air.Com

Mr. Anggi Nurbana

Bagikan

Jangan lewatkan

Pentingnya Pipe Rack Dalam Water Treatment System
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.