Tuesday, 8 December 2015

Inilah Dia Korelasi Antara COD dan BOD

Inilah Dia Korelasi Antara COD dan BOD


Saya tau, mungkin sebagian dari pembaca on-water.us disini sudah familiar dengan istilah COD dan BOD, namun biarkan saya memberikan penjelasan singkat tentang apakah itu COD dan BOD sebelum kita masuk kedalam korelasinya.

Definisi COD dan BOD


COD artinya adalah jumlah oksigen yang dihitung secara kimia, yang dibutuhkan untuk mengoksidasikan zat-zat yang ada didalam air.

Sedangkan BOD artinya adalah jumlah oksigen yang dihitung secara biologis, yang dibutuhkan oleh mahluk mikrobiologi atau mahluk hidup untuk dapat mengoksidasikan zat didalam air.

Dari kedua definisi diatas, kita dapat menemukan suatu korelasi yang cukup jelas. Yakni baik COD dan BOD adalah sama-sama menunjukan kebutuhan jumlah oksigen yang digunakan untuk mengoksidasikan zat-zat didalam air. Dan korelasi ini sangat menarik untuk dibahas, Namun sebelum itu mungkin ada yang bertanya.. Mengapa Nilai kedua parameter tersebut bisa berbeda, bahkan jauh sekali?

Lihat Juga : Cara Menurunkan Konduktivitas dalam Air

COD dan BOD ditentukan lewat cara analisa yang berbeda.


Awal permulaan COD dan BOD adalah suatu perbedaan dalam hal melakukan analisis terhadap kedua parameter ini. Pada analisis nilai COD, sample direaksikan dengan menggunakan Kalium Iodida, untuk selanjutnya dititrasi dengan menggunakan Kalium Dikromat.

Sedangkan BOD diukur dengan cara melakukan inkubasi disuhu ruangan selama lima hari, untuk kemudian di reaksikan dengan MnO2 lalu dititrasi dengan Tio Sulfat.

Dari kedua analisis yang cukup jauh berbeda ini, tentu saja akan didapatkan hasil yang cukup jauh berbeda pula. Hal ini dikarenakan metode analisis COD berbasis pada titrasi dikromat sedangkan BOD berbasis pada oksidasi dengan bakteri selama masa inkubasi 5 hari. Namun, kita tetap dapat menemukan korelasi yang jelas untuk kedua hal ini.

Kita dapat melihat, dalam analisisnya pun kedua sample tetap dioksidasikan dengan menggunakan zat oksidator,Untuk COD menggunakan K2Cr2O7 sedangkan BOD menggunakan MnO2. Analisa COD benar-benar bertumpu pada kemampuan Potassium Dikromat dalam mengoksidasi senyawa organik, sedangkan BOD diukur dengan melihat pengurangan kadar akibat inkubasi dengan bakteri.


Paling Banyak Dibaca
: Kalibrasi pH Meter Bisa membuat IPAL Kembali Normal

Apakah COD Selalu Lebih Besar dari BOD?


Jika Anda sering membaca hasil analisa dari air limbah, maka pasti Anda akan menemukan Bahwa nilai COD selalu lebih besar dari BOD (Jika sebaliknya artinya hasil analisanya salah). Hal ini memang benar adanya. Karena nilai BOD hanya terpengaruh pada jumlah TSS dan juga zat organik yang ada dalam air. Sedangkan COD adalah total keseluruhan dari pengotor TSS, Zat Organik, Mineral bervalensi rendah, ditambah dengan zat kimia yang memakan oksigen (Oxygen scavanger).

Para engineer sering mengatakan bahwa nilai COD adalah dua kali nilai BOD, pernyataan tersebut kurang tepat. Karena dalam beberapa kasus, kita bahkan dapat menemukan nilai BOD 2/3 dari nilai COD, dan bahkan hanya kurang dari sepertiganya,


Kenapa bisa BOD kurang dari sepertiga nilai COD?


Untuk kasus dimana BOD kurang dari sepertiga dari nilai COD, berarti air limbah yang sedang Anda hadapi adalah air limbah yang mengadung banyak sekali zat penangkap oksigen diluar dari TSS ataupun zat organik. Yang mana bisa berasal dari Amnonia Anorganik, Logam berat, dan oxygen scavanger.

Jika Anda menemukan limbah Anda memiliki parameter BOD jauh sekali dibawah nilai COD, Saya menyarankan Anda juga melakukan analisa terhadap parameter lainnya seperti ; Cr (III), Fe ( II and III), Mn, Surfaktan (MBAS), dan TSS.

Dan jika Anda menemukan beberapa nilai diatas cukup tinggi, maka itulah sumber COD yang Anda cari. Dari korelasi tersebut, Anda bisa menurunkan nilai COD dari air limbah anda dengan merunut pada sistem pengolahan masing-masing parameter. Jika Anda bingung, saya sarankan Anda melihat buku pedoman Metcalf & Eddy disini.


Jika BOD Berkurang , apakah COD sudah pasti berkurang juga?

Ya, tentu saja akan berkurang. Mengingat BOD adalah bagian dari COD juga. Namun hal ini tidak berlaku sebaliknya, dikarenakan ada beberapa hal yang dapat membuat COD tinggi mesikipun BODnya rendah.

bakteri tetap akan hidup walaupun keadaan untuk tumbuh ternyata tidak optimal

Lihat Juga : Opini tentang WWTP adalah Magic Box

COD dan BOD berhubungan satu sama lainnya


Saya harap teman-teman disini sudah mendapatkan cukup gambaran tentang COD dan BOD serta korelasi antar keduany. jika masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan email ke anggi.kkei@gmail.com, atau jika Anda tertarik dengan dunia water treatment atau wastewater treatment, saya menyarankan anda untuk membaca buku metcalf dan eddy yang membahas tentang dunia wastewater treatment secara lebih detail.


Salam Hangat,


Mr. Anggi For Olah-Air.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Inilah Dia Korelasi Antara COD dan BOD
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.