Monday, 7 December 2015

Cara Menurunkan TSS (Total Suspended Solid) Dalam Air

Cara Menurunkan TSS Dalam Air


TSS atau total suspended solid, adalah total keseluruhan kotoran yang bersifat tampak dan tersuspensi dalam air. Mudahnya kotoran ini terlihat seperti lumpur yang ada didalam air.

Dari mana TSS berasal?

Banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya TSS pada air limbah Anda. TSS bisa berasal dari limbah organik, padatan yang masuk kedalam air, tanah, sampah plastik bahkan dari alga dan bakteri.
Dan untuk menurunkan TSS sangat penting bagi para wastewater engineer untuk mengetahui sumbernya terlebih dahulu sehingga dapat merancang sistem yang tepat.
Berikut adalah beberapa cara untuk menyingkirkan TSS dari Air Limbah :

1.  Proses Koagulasi dan Flokulasi

Proses ini adalah proses penggumpalan lumpur ataupun sludge dengan menggunakan bahan kimia yang bernama koagulan. Pertama air limbah dikondisikan dengan cara ditambahkan Basa agar memiliki suasana basa, untuk kemudian dikoagulasikan dengan bahan kimia.
bahan kimia yang biasa digunakan pada proses ini adalah PAC, Alum, FeCl3. Biasanya setelah dilakukan proses koagulasi ini, maka TSS akan berkumpul dan mengendap bersama. Untuk itu diperlukan proses selanjutnya yang disebut sebagai proses sedimentasi

2. Proses Sedimentasi

Proses ini adalah rangkaian dari proses sebelumnya yakni proses koagulasi. Pada Cara ini TSS yang sudah menjadi endapan atau sludge diendapakan dengan gravitasi pada tangki dengan berbentuk kerucut dibawah. Sehingga Endapan dapat dialirkan untuk masuk ke proses filtrasi ataupun dengan sludge press equipment seperti filter press atau screw press.

3. Proses Dengan Menggunakan Sistem DAF

Sistem DAF (Dissolve Air Floatation), digunakan untuk menurunkan TSS yang memiliki karakter mengambing diatas permukaan air. Biasanya TSS tersebut berasal dari zat organik yang terbawa pada air limbah.
Prinsip kerjanya adalah membuat digumpalan sludge dengan proses koagulasi dan flokulasi untuk selanjutnya endapan yang tercipta ditiupkan keatas dengan bantuan blower. Dan kemudian masuk kedalam tangki sludge thickener. Sedangkan air yang bersih akan berada dibawah dan dipompakan menuju line selanjutnya.

Cara Menurunkan Lumpur TSS

4. Menggunakan Floating Solid Trap

Sebenarnya sistem ini mirip sekali dengan grease trap yang digunakan untuk menangkap minyak dari air. Proses ini cocok untuk menurunkan TSS yang bersifat mengambang diatas permukaan air dan dengan debit yang rendah.

5. Proses Menggunakan Filter (Sand Filter ataupun Carbon Filter)

Proses menggunakan kedua jenis filter ini cocok untuk diterapkan pada air dengan tingkat TSS yang rendah Ataupun sering juga kita jumpai digunakan pada post treatment atau treatment tahap akhir.
Air dipompakan menuju pasir berkerapatan 40 - 80 mesh, sehingga kotoran terperangkap. Dan zat kotoran serta zat organik yang lolos selanjutnya dapat ditangkap oleh karbon aktif filter. Sehingga dihasilkan air yang bersih.

Penggunaan filter press ataupun screw press juga termasuk kategori ini. Sludge yang mengandung banyak air ditekan dengan menggunakan kain berkerapatan tinggi, sehingga dihasilkan sludge dengan kandungan air minimal.



Rangkaian proses penurunan TSS pada air

Untuk menurunkan TSS secara sempurna dari air, penting sekali untuk dapat merancang suatu desain wastewater treatment yang sesuai. Dan berikut adalah flow sheet desain rancangan yang biasa digunakan dalam wastewater treatment plant untuk mengurangi jumlah suspended solid.

 Semoga Tulisan Saya Diatas dapat memberikan sedikit gambaran bagi Anda yang Sedang mencari cara dalam mengolah Air Anda yang memiliki banyak TSS, lalu Anda ingin menurunkannya.

Artikel Ini Juga saya posting di on-water.us (Situs Water Treatment Dengan Bahasa Inggris), Milik Saya.




Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Menurunkan TSS (Total Suspended Solid) Dalam Air
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.