Monday, 14 December 2015

Cara Menghitung Kebutuhan Resin Softener

Cara Koboy : Menghitung Kebutuhan Resin Pada Softener

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Softener
Terkadang dilapangan Kita Harus Bisa Punya Cara Koboy Supaya Lebih Cepat (Pic : Floridamemory.com)

Hallo sobat sekalian, alhamdulillah kali ini kita akan membahas tentang cara saya untuk menghitung kebutuhan dari softener.

Apa itu Softener?

Softener itu bukan pelembut macam molto atau downy yang suka dipake sama ibu-ibu (Iya deh itu juga termasuk).
Softener yang akan kita bahas disini adalah resin yang digunakan untuk menukan kation yang ada diair sehingga kesadahan dari air berkurang. Setidaknya itulah definisi saya tentang softener (Yang mau debat.. Preet.. Ini saya tulis berdasar pengalaman saja.. Ga suka silahkan cari yang mau buka rahasia cara hitung softener disitus lain hehe).

Bagi yang belum familiar dengan istilah kesadahan Silahkan Buka Link Ini :
Bagaimana Cara Menghilangkan Kesadahan Dalam Air

Fungsi Softener
Water softener seperti yang sudah dituliskan sebelumnya adalah resin kation yang diaktivasi dengan garam brine (NaCl) sehingga dapat bertindak sebagai penyerap kation dari Ca dan Mg.

Ca dan Mg adalah dua mineral yang menjadi biang keladi terjadinya kesadahan pada air. Dan tentunya saya kira teman-teman disini sudah paham dengan apa saja yang dapat terjadi jika nilai kesadahan pada air terlalu tinggi.

Scaling, Itulah yang dapat terjadi jika nilai kesadahan pada air terlalu tinggi. Dan scaling ini dapat membawa pada cukup banyak kerusakan dan kerepotan dikemudian hari. Seperti: Seringnya penggantian membrane, pipa mampet, dan naiknya tekanan/pressure pada boiler anda.
bakteri tetap akan hidup walaupun keadaan untuk tumbuh ternyata tidak optimal


Mari Langsung Ke Cara Menghitung Kebutuhan Resin Softener

Yuk kita ga usah muter-muter lagi dan bercanda terlalu banyak (Kalau mau ngobrol Air lebih panjang add aja WA saya di 0857 1147 2834).

Data Apa Saja yang Kita perlukan untuk menghitung jumlah si Resin ini?
Berikut adalah data-data yang kita perlukan :
1. Data Kadar Ca dalam Air
2. Data Kadar Mg dalam air
3. Data Debit yang dibutuhkan
4. Data Berapa lama Anda bersedia Melakukan regenerasi.

Yuk mari kita uraikan satu persatu data-data diatas.
1. Data kadar Ca dan Mg di dalam air
Biasanya data-data ini tidak akan tercantum pada hasil analisa standar baku mutu air bersih. Karena memang tidak disebutkan harus berapa si Ca dan Si Mg.
Oleh karena itu biasanya saya melakukan analisa khusus untuk mengetahui kadar masing-masing. (Untuk cara analisa baik si Ca ataupun Mg silahkan anda tanyakan pada analis ditempat kerja Anda atau anda bisa googling sebentar).

Cara lainnya untuk menentukan nilai resin pada softener anda adalah bisa dengan nembak. Namun cara ini mungkin tidak direkomendasikan bagi Anda yang baru saja "Main Air". Cara ini yang biasa saya lakukan untuk mendapatkan perkiraan kadar kedua mineral tersebut dengan akurasi 90% (Yang mau debat please leave this site,, Ini berdasarkan pengalaman bukan hanya teori seperti dibuku yang para debaters baca).

Lihat Juga : Perhitungan Index Langier Ryznar

Coba rasakan si Air
Hal yang biasa saya lakukan ketika mendapatkan hasil analisa yang komplit namun masih ala standar baku mutu air bersih (Dimana kadar Ca dan Mg belum diketahui). Adalah merasakan, rasa si air tersebut. Ya.. Minum saja.

Air yang mengandung banyak Ca akan terasa agak manis dan yang mengandung Mg akan terasa agak pahit. (Inget iklan air minum yang ada kayak manis2nya.. hehe berarti ada apa ya disana?).

Tebakan Standar
Okelah kalau yang diatas adalah perkiraan secara cepat untuk bisa mendapatkan data taksiran Ca dan Mg sehingga saya bisa langsung menghitung kebutuhan resin. Namun yang standar adalah selalu gunakan perbandingan 1 : 1.5 (Ya Si Kalsium satu dan Magnesium Satu koma lima).

Kalau Anda tanya dari mana, Saya akan jawab experiences is the best teacher. Karena selama apapun anda bergulat dengan buku tetap saja pengalaman yang akan memberikan jawaban yang terbaik.
Mengitung resin Softener


2. Debit Air yang Anda butuhkan?
Biasanya saya membutuhkan data ini. Jika terkadang si PIC ataupun owner yang meminta desain saya tidak mengetahui berapa tepatnya kebutuhan air dia. Maka ada beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk mengetahui debit yang dinginkan sebagai hasil produksi si softener nanti :
a. Mengambil data Forecasting 3 bulan terakhir (Apa itu forecasting.. Silahkan belajar ilmu teknik industri).
b. Benar-benar melakukan breakdown terhadap kebutuhan air masing2 section (Cara ini saya ambil kalau si Owner atau PIC adalah orang yang memang kritis dan mau ikut ribet hehe ==> Biasanya mereka akhirnya malah minta perkiraan saja hehe..)
Waktu Regenerasi harus juga diperhitungkan untuk menentukan jenis softener yang tepat

3. Berapa Lama waktu regenerasi kembali?
Nah ini adalah data terakhir yang mutlak saya perlukan. Enak deh kalau kita bicara dengan bagian utility atau engineer yang sudah tau perencanaan man power dan jam kerja mereka. Sehingga ketika si softener jadi, maka saya tinggal pasang dan mereka sudah tau kapan harus regenerasi.

Nah lain soal, kalau pabriknya ternyata belum ada bagian engineeringnya. Maka saya biasanya akan bilang kalau si softener ini akan memiliki waktu regenerasi 3 hari atau 2 hari. Yup.. Begitu biasanya cukup.

Ceritanya Datanya Sudah Terkumpul, Lalu Mari kita berhitung Kebutuhan Resin Softener
Oke semua data sudah ada, dan data dibawah ini adalah data gambaran saja supaya kita bisa praktek menghitung kebutuhan resin softener.
- Kadar Ca = 150 mg/L = 3.7 mEq/L
- Kadar Mg = 225 mg/L = 9.25 mEq/L
- Debit Air Perjam = 100 Liter
- Lama Regenerasi Kembali = 3 Hari (72 Jam)

*Untuk teman-teman yang mau tau si mEq itu datangnya dari mana, saya sarankan membuka tabel unsur periodik.

Opini Penulis : WWTP Bukan Magic Box

Data sudah didapat, Sekarang Bagian yang mudahnya : Menghitung Resin

Seperti yang sudah kita tahu (Yah Sebagian Mungkin) bahwa kapasitas penukaran ion standar pada resin softener adalah 1,9 eQ/L Resin.
Maka kita akan mendapatkan data selanjutnya sebagai berikut :
- Volume Air sampai Regen = 100 x 72 = 7200 Liter

Jumlah Ion yang ditukar = 7200 x 12.95 = 93240 Mili Ion Eqvalen

Maka kebutuhan resin adalah = 93240 Mili Ion Eqivalen  / 1.9eQ/L = 49 Liter Resin

Tada.. Selesailah perhitungan ini. Saya mohon maaf kalau dalam perhitungan ini ada yang sedikit loncat-loncat sehingga anda tidak dapat mencernanya. Pada intinya saya harapkan, jika Anda benar-benar ingin mempelajari ilmu pengolahan air maka Anda bisa membeli beberapa buku/tabel berikut :
- Tabel Susunan Unsur Periodik
- Buku Vogel satu dan dua
- Buku MetCalf dan Eddy.

Menarik Nih : Cara Menghitung resin di Demin Plant

Sekian Sharing kali ini tentang cara menghitung kebutuhan resin pada softener. Mudah-mudahan kita dapat berjumpa lagi pada kesempatan selanjutnya.


Salam Olah-Air


Mr. Anggi Nurbana

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Menghitung Kebutuhan Resin Softener
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.