Friday, 30 October 2015

Cara Mengenali Zat Pencemar Dalam Air


Cara Mengenali Zat Pencemar Dalam Air

Lihat Pemandangan Dulu Biar Ga Stress :)

Hallo, Apa kabar kawan olah-air.com sekalian.
Senang bisa berjumpa lagi, setelah sebelumnya saya sibuk dengan kegiatan kerja dan desain alhamdulillah kali ini bisa menulis lagi.

Mungkin kali ini kita akan menulis tentang yang ringan saja ya. Namun, biasa kita jumpai di kehidupan kita sehari-hari. Dan sebagai info bahasan tentang cara mengenali zat pencemar dalam air ini adalah bahasan basic namun cukup prinsipil, sehingga sangat penting untuk dipahami.

Intermezzo : Cheapskate Country
By The way.. Ada satu fenomena Lucu di Indonesia ini. Yakni fenomena Cheapskate, atau artinya fenomena pelit. fenomena pelit ini bisa kita jumpai dalam banyak aspek, dari aspek materi sampai aspek yang non materi. Aspek materi sering saya jumpai pada perusahaan yang hobinya ngerjain orang, contoh.. Ketika perusahaan tersebut ditegur oleh KLH karena membuang limbah sembarangan.. Perusahaan banyak yang tiba2 membuat Tender (bohong2an) untuk mengumpulkan para engineer dan expert yang ahli di bidang tersebut. Lalu ketika sudah mendapatkan BQ dan Desain, Boro2 ada pembuatan IPAL. Desain tersebut hanya jadi pajangan dan dokumen untuk ditunjukan ke KLH bahwa memang mereka berniat memperbaiki limbah mereka. hehe..  (Sorry Curhat Dikit). dan Realsisasinya tidak ada. Well Indonesian Really Cheapskate ya..

Lihat Juga : Teknik Pengolahan Air Sungai Menjadi Air Bersih

Ga Semua Pelit ada Juga Yang Baik dan Bertanggung Jawab
Tapi ga semuanya begitu kok, ada beberapa orang yang saya lihat memang bertanggung jawab dengan pekerjaannnya seperti Bu Yus (Beliau bekerja di BUMN) dan Pak Yulius (Super Staff di Perusahaan Migas). Ya dari ratusan perusahaan baru nemu dua hehe (Persetasinyanya mungkin 0,5% dari seluruh perusahan yang ada).

Yang Paling Parah itu Pelit Jempol
Any way.. ada yang lebih pelit lagi.. Yakni pelit jempol :)
Jempol alias like tidak membutuhkan biaya. Namun sampai tulisan ini dimuat. Pembaca setia Olah-air.com yang berjumlah 25000 orang .. Hanya 34 orang saja yang mau memberikan Like di Fan page olah-air.com
(www.facebook.com/olahairdotcom) Semoga Anda bukan bagian dari manusia pelit jempol hehe..

Masuk Bahasan inti 
Udah deh sindir2annya. kita masuk ke bahasan inti, tentang cara mengenali zat pencemar di dalam air. Ada beberapa zat yang biasa ada dalam air. Dan sebenarnya dengan mengetahui ciri-ciri ini kita bisa mengambil langkah dengan memikih penanganan yang tepat. Cirinya dapat dilihat dari fisik, kekentalan, warna dan bau. Tanpa basa-basi lagi. Yuk kita simak saja langsung apa saja sih cara identifikasi pencemarnya.

1. Ciri Keberadaan Fe dalam Air

Zat besi adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh. Iya hal tersebut benar, namun itu kalau besi dalam komposisi organik seperti yang ada di sayur bayam. Namun kalau di air, keberadaan zat besi justru bisa cukup merugikan. Selain dapat mengganggu kesehatan tubuh ketika dikonsumsi, zat besi juga bisa merusak perpipaan. Nah, bagaimanakan cara mengenali adanya zat besi?

Cara mengenali zat pencemar ini adalah dengan mendiamkan air yang kita dapat dari sumur bor selama 1 jam. Dan jika warna air tersebut berubah warna menjadi kecoklatan. Berarti dapat dipastikan secara postif bahwa air tersebut mengandung zat besi.
Hal ini terjadi karena besi dua yang tadinya terlarut teroksidasi di udara dan akhirnya berubah menjadi besi tiga.

Teknik Treatment :
Teknik treatmentnya adalah bisa menggunakan koagulasi, atau juga bisa menggunakan filter mangannesse zeolite. Untuk perumahan biasanya digunakan pilihan ke dua.

Postingan Terbaru : Cara Menurunkan Fe Tanpa RO

2. Ciri Keberadaan Mangan

Ciri keberadaan mangan biasanya sepaket dengan keberadaan zat besi di dalam air. Dimana ada besi disitu ada mangan. Namun jika dalam jumlah yang lebih besar dari besi, keberadaan mangan dapat dilihat dari air yang berwarna agak kehitaman.
Cara lainnya untuk mengetahui keberadaan mangan adalah cara klasik, yakni dengan menggunakan air teh. Air teh yang dibuat dengan air yang mengandung mangan akan terlihat warna keunguan.

Teknik Menghilangkan Pencemar Mangan :
Salah satu cara untuk menghilangkan pencemar ini adalah dengan proses aerasi yang dipadukan dengan filtrasi (Untuk skala rumah tangga). Untuk skala industri biasanya dilakukan proses aerasi, lalu koagulasi dan flokulasi,dan sedimentasi untuk memisahkan si zat pecemar dalam air yang disebut mangan ini.

3. Ciri Keberadaan Ca dan Mg

Keberadaan Kalsium dan Magnesium dalam air dapat terlihat dari bekas-bekas yang ditimbulkannya. Biasanya kita akan menemukan air yang mengandung Calsium atau magnesium jika dimasak akan meninggalkann mantan  kerak di panci. Kerak ini juga dapat timbul di pipa dan keramik serta peralatan lainnya yang terkena air.
Dalam jumlah yang tinggi, keberadaan zat pencemar ini dapat merugikan perusahaan yang menggunakan boiler. Karena dapat menurunkan nilai efisiensi boiler dan juga dapat menyumbat aliran pipa boiler, yang berujung pada naiknya tekanan di boiler dan Boom!

Teknik Menurunkan Ca atau Mg
Yang paling banyak dilakukan untuk menghilangkan kedua zat ini adalah dengan menggunakan resin kation yang dijadikan softener. Cara lainnya adalah bisa dengan menambahkan chemical anti scale. Cara ini kembali lagi tergantung dari sipemakai.

Lihat Postingan ini Juga : Cara Menurunkan Hardness Dalam Air

4. Ciri keberadaan zat pencemar Surfaktan dalam air

Keberadaan surfaktan atau detergen dapat dilihat dari adanya lapisan lain di atas permukaan air. Dapat juga dilihat ketika air tersebut menimbulkan busa.
Keberadaan surfaktan dalam air akan merugikan banyak biota akuatik, karena proses masuknya oksigen kedalam air menjadi terhambat karena adanya lapisan hidropobik yang akhirnya membunuh biota air.

Teknik Menurunkan Nilai Surfaktan dalam air
Saat ini saya menggunakan Chemi Enzymax untuk menganani surfaktan dalam air limbah di rumah sakit. Tentunya dengan dipadukan dengan sistem aerasi yang tepat.

5. Ciri Keberadaan Zat Organik

Keberadaan zat organik di dalam air bisa dideteksi dari warna dan bau air yang tidak lazim. Pada umumnya air yang mengandung zat organik seperti air gambut akan memberikan warna kecoklatan ketika baru pertama kali keluar dari sumur.

Teknik Menghilangkan Zat Pencemar Organik
Cara menghilangkan zat pencemar organik ini adalah dengan menggunakan oksidator seperti kaporti atau menggunakan alat oxtron. Tergantung dari seberapa parah kandungan zat organik tersebut.

Udah Dulu ya..
Sekian bahasa tentang cara mengenali zat pencemar dalam air. Mudah-mudahan kita dapat bertemu di Postingan selanjutnya. Salam Olah-air.com


Mr. Anggi Nurbana

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mengenali Zat Pencemar Dalam Air
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.