Wednesday, 22 July 2015

[PENGETAHUAN ENGINEERING] JOB DESK WELDING INSPECTOR

JOB DESK WELDING INSPECTOR 

Dalam dunia Engineering atau perekayasaan, kegiatan pengelasan bukanlah suatu barang baru. Dan pastinya sudah merupakan pemandangan yang amat biasa dalam kegiatan sehari-hari perusahaan engineering.
Kegiatan pengelasan dapat kita temukan di banyak tempat, dari mulai pembuatan pagar, perbaikan kompor, pembuatan bejana tekan, hingga pembuatan pesawat terbang tak luput dari kegiatan pengelasan atau yang biasa disebut dengan welding.

PERBEDAAN PENGELASAN BIASA DAN PENGELASAN PROYEK

Lantas, apa yang membedakan antara kegiatan pengelasan biasa (yang umum kita temukan pada pengelasan pager di pinggir jalan) dengan kegiatan pengelasan dunia engineering. Salah satu jawabannya adalah adanya kegiata Welding Inspection.

Butuh Welding Inspector Harian/Bulanan?? Kontak Kami Segera!!

DEFINISI WELDING INSPECTION

Welding Inspection atau Inspeksi Pengelasan adalah suatu kegiatan untuk memastikan mutu pengelasan yang dikerjakan sesuai dengan spesifikasi yang diminta atau ditentukan. Dalam dunia Proyek, kegiatan Welding Inspection ini amat sangat penting, hingga diadakan suatu jabatan resmi yang disebut Welding Inspector (Mantap nih Jabatan.. Gajinya Gede Bro). Amat sangat vitalnya ketepatan dan akurasi suatu pengelasan karena dalam dunia proyek cacatnya satu titik saja dalam pengelasan dapat mengakibatkan rugi jutaan dolar.

Bagaimana Tidak, bayangkan saja jika dalam kegiatan pengelasan sambungan bejana bertekanan yang akan dipakai untuk menampung gas bumi, terdapat suatu kecacatan yang akhirnya menyebabkan kebocoran. Dan Ketika salah satu dari segitia api yang lainnya hadir maka... Bum... Kebakaran hebat dapat terjadi.

JOB DESK WELDING INSPECTOR

Kegiatan Welding Inspection menitik beratkan pada aspek keselamatan atau Safety, strutural dan operasional yang berkaitan dengan pengelasan. Sedangkan hal-hal lainnya yang ,menyangkut dengan pembuatan WPS atau SPL bukan menjadi tanggung jawab Welding Inspector (Walau kadang dalam beberapa kegiatan proyek Welding Inspector kerjanya rangkap hehehe).

Walau begitu dalam kegiatan penyiapan RKP alias Rekaman Kualifikasi Prosedur pihak Welding Inspector akan Ikut Terlibat (Baca : Wajib).

Tanggung Jawab seorang Welding Inspector cukup banyak, terutama dan yang menyangkut keandalan serta terjaminnya hasil pengelasan. Oleh karena itu berikut adalah beberapa Job Desk Seorang Welding Inspector :
1. Menyiapkan tenaga tukang las yang memiliki sertifikat (Sertifikat pengelasan bukan sertifikat rumah ya bro.. Kidding dikit ah ;p)
2. Menyiapkan seluruh sarana untuk menguji hasil pengelasan yang dikualifikasikan. Seperti : NDT, Bend Test, Tension Test,  dan Charpy Impact Test Jika Diperlukan.
3. Melaksanakan monitoring selama pelaksanaan kuallifikasi tukang las.
4. Melaksanakan inspeksi visual pada hasil pengelasan yang ditentukan.
5. Melakukan Test Radiografi dan kemudian melakukan review dengan X-Ray
6. Melakukan Bend Test dan melakukan review.
7. Memastikan dilakukannya pengujian tarik dan charpy pada lab. uji resmi, kemudian mereview hasilnya.
8. Mensertifikasi hasil kualifikasi tukang las yang disahkan oleh instansi yang berwenang.

Kawan-kawan olah-air.com mungkin jika rekan-rekan yang baru saja mau masuk ke Dunia Engineering kemudian membaca 8 Job Desk tadi hatinya akan tergetar (Busyet Berat Juga ya..) Tapi percaya deh kawan.. Jika kita jalani nantinya akan terasa mudah. Jika diperjalanan nanti adanya omelan atau mungkin Jitakan maka bersyukurlah.. dan terimalah karena hal tersebut yang akan membuat para engineer seperti kita menjadi lebih matang.  Dan hal itu justru lebih baik dibandingkan dengan gagalnya proyek yang kita ada Andil didalamnya.. Hayoo...

Oke Back to Main Story, seorang inspektur las atau Welding Inspector memiliki kewenangan untuk melakukan review WPS dan PQR dari suatu proyek pekerjaan untuk memastikan WPS tersebut benar-benar representatif atau tidak pada proyek yang bersangkutan. Dan apakah PQR yang dilampirkan mendukung untuk hal tersebut.

PENTING DICATAT

Nah untuk itulah seorang Welding Inspector dituntut memiliki keahlian dan pengalaman serta referensi pendukung. Ditambah lagi seorang welding Inspector haruslah mau dan banyak belajar dari para senior dan jangan merasa lebih tinggi dari para welder. Karena terkadang, (pengalaman neh) Para Welder lah yang nantinya akan mengingatkan para Inspector tentang suatu kecacatan yang terlewat atau titik pengelasan yang seharusnya memiliki prosedur yang berbeda jenis dari WPS yang kita berikan. (Dear Junior.. Catet nih ya)

Bagikan

Jangan lewatkan

[PENGETAHUAN ENGINEERING] JOB DESK WELDING INSPECTOR
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.