Saturday, 25 July 2015

Faktor yang Menyebabkan Kesalahan Pada Pengelasan

Melanjutkan postingan sebelumnya di olah-air.com, yang berjudul penyebab kerusakan pada pengelasan. Kali ini kita akan melanjutkannya pada postingan yang ini.

Ada beberapa faktor lagi yang menyebabkan terjadinya kesalahan atau kecacatan pada pengelasan. Antara lain :
4. Serangan Karat
Serangan karat dapat menimbulkan berbagai cacat pada jalur las seperti : be-metalic corrosion (Karat dua jenis metal berbeda), Caustic Embritlement (Kegetasan Alkali), Stress Corrosion Cracking (Retak Karat Regangan), Corrosion Erosion (Keausan dan kekaratan), leaching (Pelarutan selektif) untuk jenis metal non ferous, pengelasan yang berdekatan dengan bahan seng dan stainless stell dapat menyebabkan Liquid metal corrosion pada bahan Stainless Steel.
Hal lain yang dapat menyebabkan terjadinya corrosion attack adalah adanya kondisi kaya air laut, hal ini akan menyebabkan serangan karat juga. Yang mirip seperti ini adalah jika terkena air yang mengandung TDS yang cukup tinggi seperti pada air payau.

5. Stress atau regangan
Stress atau regangan dapat merusak sambungan las sehingga menghasilkan keretakan. Regangan dapat disebabkan oleh pekerjaan panas, deformasi dingin (Cold bending) atau sisa regangan dari pekerjaan las (residual stress). Keretakan dapat langsung disebabkan oleh regangan tersebut atau kombinasi antara regangan dengan proses korosi.
Bentuk-bentuk konstruksi tertentu menyebabkan perubahan arah yang kadang-kadang tidak atau kurang diantisipasi olejh pendesain dan menyebabkan terjadinya konsentrasi regangan disuatu titik yang akhirnya menyebabkan keretakan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Faktor yang Menyebabkan Kesalahan Pada Pengelasan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.