Saturday, 25 July 2015

[PENGETAHUAN ENGINEERING] BEBERAPA TERMINOLOGI DAN DEFINISI DALAM DUNIA POMPA

BEBERAPA TERMINOLOGI DAN DEFINISI DALAM DUNIA POMPA
Single Stage Pump, Multi Stage Pump, Centrifugal Pump


Selamat pagi rekan-rekan olah-air.
Dunia water treatment dan engineering adalah dunia yang tidak pernah terlepas dari sebuah equipment yang bernama Pump atau Pompa. Equipment yang satu ini dapat kita temukan hampir diseluruh instalasi water treatment. Dari mulai Filtrasi, Demineralisasi, Boiler, hingga power plant pasti terdapat pompa didalamnya.

Pompa memiliki beragam jenis bahasa dan istilah yang mungkin agak asing ditelinga rekan-rekan, oleh karena itu untuk lebih familiar dengan bahasa-bahasa dalam dunia engineering, khususnya pompa. Berikut adalah beberapa terminologi atau perbendaharaan kata-kata dalam dunia pompa. Selamat belajar :)

Cavitation
Pengertian Cavitation Adalah fenomena akibat menguapnya fluida didalan casing, apabila tekanan di= titik manapun dalam casing tersebut jatuh dibawah tekanan uap karena suhu liquid yang dipompa. Proses penguapan ini menimbulkan gelembung -gelembung mikro yang terikut aliran liquida sehingga cavities ini pecah. Pecahnya Cavities tadi yang kebetulan menempel pada dinding casing menyebabkan tumbukan yang sangat besar sehingga memecahkan lapisan pelindung pada permukaan casing tersebut. Dengan pecahnya lapisan pelindung permukaan, maka apapun dapat terjadi pada permukaan tersebut seperti karat, erosi dan lain-lain tanpa ada pelindungnya.

Critical Speed
Pengertian Critical Speed adalah Kecepatan kritis dari pompa sentrifugal adalah kecepatan rotasi dimana frekuensi poros berpadu dengan frekuensi alaminya, sehingga terjadilah resonansi, sehingga keberadaan ketidak seimbangan sedikit saja akan diperbesar menjadi vibrasi yang sangat tinggi, sehingga dapat merusak peralatan berotasi tersebut.

Duplesk atau Tripleks
Pengertian Dupleks atau Tripleks Adalah pompa resiprokrasi yang memiliki dua atau tiga piston

Double Action
Pengertian Double Action Adalah pompa resiprokrasi yang memiliki dua dischrage dan dua suction

Impeller
Pengertian Impeller Adalah bagian pompa yang berotasi dan dilalui fluida sehingga tenaga dapat dihantarkan pada fluida tersebut.

Mechanical Seal
Pengertian Mechanical Seal Adalah piranti yang terpasang pada poros pompa sentrifugal untuk menyumbat atau menghabat kebocoran fluida terpompa dari dalam wadah casinh melalui poros yang berotasi.

Net Positive Displacement Head
Pengertian NPSH Adalah tenaga yang diperlukan pada bagian hisap pompa untuk mengisi casing pompa ke katup discharge selama beroprasi.

Pumping
Pengertian Pumping Adalah penambahan energi ke fluida tertentu untuk menggerakannya dari satu titik ke titik lainnya.

Pompa Resipokrasi
Pengertian Pompa Resiprokrasi adalah Merupakan suatu jenis pompa yang menggunakan torak (Piston), pluger, diaphragm, atau alat lain untuk menggeser (displace) suatu volume dari fluida pada setiap langkah (stroke) dari peralatan tersebut.

Pompa Sentrifugal
Pengertian Pompa Sentrifugal Adalah Merupakan pompa yang menggunakan gaya sentrifugal putaran pada impellernya untuk menciptakan tekanan guna memindahkan suatu fluida.

Pompa Sentrifugal singel stage
Pengertian Pompa Single Stage Adalah pompa setrifugal yang tekanan dischargenya (Total Head) dihasilkan melalui impeller tunggal.

Pompa Sentrifugal Multi Stage
Pengertian Pompa Sentrifugal Multi Stage Adalah pompa Sentrifugal yang jumlah tekanan dischargenya dihasilkan melalui dua impeller atau lebih dalam satu rumah (casing).

Pompa Rotary
Pengertian Pompa Rotary Adalah Pompa yang menggunakan roda gigi (Gear), sudu (vanes), cams dll. Didalam suatu wadah yang tidak bergerak (fixed) untuk menghasilkan displacement positif pada fluida yang dipompa.

Piston atau Plunger dari Pompa Resiprokrasi
Pengertian Piston adalah bagian yang bergerak dan berhubungan langsung dengan fluida dan menghantarkan tenaga ke dalamnya.

Simpleks
Pengertian Simpleks adalah Merupakan pompa resiprokarsi yang hanya memiliki satu piston atau plunger.

Surge Chamber (Ruang Guncangan Tekan)
Pengertian Surge Chamber adalah suatu bejana yang terpasang pada pompa atau perpipaan untuk meng-cancel terjadinya kejutan tekanan dari gerakan resiprokrasi guna menghaluskan/ meratakan aliran fluida yang keluar melaului discharge.

Suction Lift
Pengertian Suction Lift Adalah kondisi dimana diperlukan tenaga untuk menghisap liquida ke atas karena letak permukaan liquida yang dihisap pompa berada dibawah sumbu pompa.

Static Suction Lift
 Pengertian Static Suction Lift adalah  jarak vertikal, dalam feet dari sumbu pompa ke permukaan fluida yang akan dihisap pompa.

Suction Head
Pengertian Suction Head adalah tekanan hidrostatis yang terjadi akibat permukaan fluida yang dihisap pompa berada di atas sumbu pompa

Static Suction Head
Pengertian Static Suction Head adalah jarak vertikal dalam feet dari sumbu pompa ke permukaan fluida yang dihisap oleh pompa


Total Dynamic Suction Lift
Pengertian Total Dynamic Suction Lift adalah jarak vertikal dalam feet dari sumbu pompa ke permukaan fluida yang dihisap pompa ditambah semua gesekan (Friction Losses) didalam pipa dan fitting dalam sistem hisap.

Total Dynamic Suction Head
Pengertian Total Dynamic Suction Head Adalah jarak vertikal dari sumbu pompa ke permukaan liquida/ fluida yang dihisap pompa dikurangi gesekan didalam pipa dan fitting dalam sistem hisap.

Viskositas
Merupakan salah satu sifat liquid yang melawan/menghambat gaya / tenaga yang akan mengalirkan liquida tersebut.

Sekian sharing dari olah-air kali ini. Mudah-mudahan kita dapat bertemu kembali dalam sharing selanjutnya.

Jika ada diantara rekan-rekan yang memiliki pertanyaan serta ingin berkonsultasi seputar water treatment dan waste water treatment, ataupun butuh bantuan dalam bidang mechanical dan electrical jangan ragu untuk menghubungi kami di email : cheminusa@outlook.com

Salam Engineering



Good Life, Clear Water
www.olah-air.com

Bagikan

Jangan lewatkan

[PENGETAHUAN ENGINEERING] BEBERAPA TERMINOLOGI DAN DEFINISI DALAM DUNIA POMPA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.