Friday, 17 April 2015

[SHARE] Pentingnya History atau Riwayat dalam Sebuah Sistem

Pentingnya History atau Riwayat dalam Sebuah Sistem

Touch Screen Panel by Fujikasui
History yang ditampilkan pada Panel HMI By Fujikasui


Salam Olah-air sobat-sobat sekalian..
Alhamdulillah kali ini kita bisa bertemu kembali pada postingan yang berjudul PENTINGNYA HISTORY DALAM SEBUAH SISTEM.
Pada postingan kali ini, saya akan berbagi pengalaman dalam pekerjaan yang saya geluti. Pengalaman ini berkisah tentang, bagaimana kita menemukan masalah dan penyelesaiannya lewat history di sistem.

Kegagalan Pasti Akan Terjadi, Bersiaplah!

Dalam sebuah sistem ataupun mesin, kita seringkali menemukan kegagalan proses. Kegagalan proses ini disukai maupun tidak pasti akan terjad, cepat ataupun lambat. Kegagalan proses ini dapat terjadi akibat adanya kesalahan pada sistem, kelistrikan, metode, hingga kesalahan pada prosedur penggunaan. Pertanyaanya dari manakah kita dapat mengetahui penyebab kegagalan suatu sistem?

Manual Book, only giving clue for the Easy Troubleshooting

Dalam setiap barang yang diproduksi atau sistem yang dibuat, biasanya sang suplier memberikan operation manual book (Buku petunjuk penggunaan). Dalam buku tersebut sebenarnya sudah diterangkan mengenai troublesshouting dari masalah. Namun adakalanya masalah-masalah yang terjadi ada diluar petunjuk. Maksudnya masalah tersebut tidak diterangkan dalam buku manual. Lantas dari mana kita dapat menyelesaikannya.

Kunjungi Postingan Lainnya
- Bagaimana Membersihkan Tangki Penuh Semen mengeras
- Bagaimana Memilih sistem Reverse Osmosis yang Tepat
- Bagaimana pH meter dapat menyempurnakan Reaksi

Beginilah Ceritanya

Beberapa minggu yang lalu, kami mendapatkan telepon dari customer kami. Customer kami ini adalah salah satu  BUMN yang masuk kedalam objek vital nasional. Sehingga apabila salah satu sistem saja terganggu maka akan terjadi kerugian besar. Dalam telepon yang kami terima, customer kami mengeluhkan adanya kegagalan sistem.

Dalam hal ini adalah sludge yang seharusnya dapat dipisahkaan difilter press, menjadi lolos saja dan sludge dianggap tidak jadi. Kami menanyakan kepada mereka, apakah prosedur sudah dilakukan seusai yang kami ajarkan pada mereka? Mereka mengatakan iya. Oke, kalau begitu kami segera kesana.

Singkat cerita, kami segera berangkat menuju tempat customer kami ini. Sesampainya disana kami langsung menemui PIC-nya dan sedikit mengintrogasi beliau. Selepas itu, yang kami lakukan adalah.... Yap Melihat History!

Dalam history yang tertera di HMI panel yang kami instal, terlihat jelas bahwa sistem tidak dijalankan dengan benar. Di History graph, terpampang jelas bahwa pengoprasian yang seharusnya ditambahkan De-carbonizer, koagulan, weighting agent dan flokulan tidak dilakukan. Hmm.. Ternyata ini penyebabnya wkwkwk..

Lihat Juga : Pentingnya Pipe Rack Dalam Sebuah Sistem

Kami memanggil PIC di tempat tersebut, dan menunjukan kepadanya History pada panel sistem. Beliau tersenyum dan menggeleng sembari berkata “wah dikerjain anak-anak ini”. Hahaha.. Kami tertawa, dan menerangkan bahwa benar atau tidaknya pengoprasian sistem dapat terlihat dari history ini. Dan dalam history ini terlihat bahwa kemarin para operator lupa untuk memasukan chemical, dan tidak menerangkanya pada shift selanjutnya x_x.

Lihat Juga : Kriteria Waste Water Engineer

Panel Touch screen by Fujikasui
Simulasi Sistem di Panel HMI By Fujikasui

Kartu Riwayat, Wajib Mugholadoh (Pinjem Bahasa Papap)

Sobat olah-air, selain cerita diatas sesungguhnya masih banyak cerita lainnya yang semuanya berhubungan dengan data history.

Intinya setiap sistem ataupun mesin haruslah memiliki riwayat. Riwayat tersebut dapat berupa riwayat penggantian spare part, riwayat pembelian barang, riwayat kerusakan hingga riwayat pemakaian. Sehingga dari riwayat-riwayat tersebut kita dapat membuat suatu sistem perawatan berkala dan sistem preventive maintenance (ilmu dari teknik Industri nih sob hehe).

Dengan adanya kartu riwayat baik secara digital maupun manual kita dapat melakukan telusur terhadap apa, kapan, mengapa, oleh siapa dan dimana kerusakan terjadi dari sanalah sistem perawatan dibuat. Selain itu, riwayat tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan dalam membeli sebuah mesin.

Keterangan Dosis dan Running Item pada Panel Touch Screen By Fujikasui
Keterangan Dosis dan Running Item pada Panel Touch Screen By Fujikasui


Log History, Make it or Regret it

Sobat sekian sharing kita kali ini, perlu digarisbawahi tebal-tebal pake kuas 2Inch hehehe, bahwa Riwayat ataupun history adalah suatu hal mutlak yang harus ada dalam sebuah sistem  jika kita ingin sistem ataupun alat yang kita pakai dapat berjalan dengan lebih awet dan lebih baik . So jika dalam sistem atau peralatan yang sobat gunakan belum ada kartu riwayat segeralah buat sob.. Apalagi jika sobat bagian maintenance.. Bisa jadi senjata tuh hehe..

Oke, sampai jumpa dilain kesempatan.
Salam Olah-air.com

Good Life, Clear Water
Mr. Anggi Nurbana


Mau Dapet Update ilmu Water Treatment Gratis?? Add Saya di google plus dengan mengklik link yang ada di nama.

Bagikan

Jangan lewatkan

[SHARE] Pentingnya History atau Riwayat dalam Sebuah Sistem
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.