Saturday, 4 April 2015

[SHARE] KUALITAS ATAU KUANTITAS : Bagaimana memilih sistem RO (Reverse Osmosis) yang tepat untuk Perusahaan

KUALITAS ATAU KUANTITAS : Bagaimana memilih sistem RO (Reverse Osmosis) yang tepat untuk Perusahaan


Two Phase RO Sistem

Air yang berkualitas adalah salah satu hal yang diperlukan bagi perusahaan, bahkan bagi perusahaan tertentu seperti industri plating, kosmetik, atau Power plant, keberadaan air dengan kualitas tinggi yang ditandai dengan kecilnya nilai TDS/Conductivity menjadi syarat mutlak.
Salah satu cara untuk mendapatkan air dengan kualitas tinggi adalah dengan menggunakan sistem Reverse Osmosis atau yang biasa disingkat dengan RO. Nah Sobat olah-air pada kali ini kita akan bercerita bagaimana memilih sistem RO yang tepat bagi industri.

Kualitas air Industri



Ada beberapa parameter yang biasa disyaratkan oleh industri, sehingga air bisa dikatakan layak untuk digunakan. Sebagai contoh, untuk industri farmasi biasa digunakan air dengan Conductivity  
Beragam cara digunakan untuk mendapatkan air dengan kemurnian tersebut, dalam dalam artikel kali ini, saya (Anggi Nurbana) akan bercerita sedikit tentang teknik RO yang bisa digunakan untuk mendapatkan kualitas air yang baik. Dalam hal mencapai kuantitas atau kualitas.

Sistem RO, Definisi

Dalam artikel kali ini, mudah-mudahan sobat olah-air sudah mengerti apa itu RO. Jika  belum silahkan menyimak artikel slideshare saya dibawah ini. Atau membuka link berikut : REVERSE OSMOSIS SYSTEM.

Multistage vs Multiphase RO รจ Kuantitas Vs Kualitas

Dalam mencapai hasil yang diinginkan untuk mengejar kualitas air. Ada dua teknik yang biasa digunakan yakni Multistage dan Multiphase.
Multistage seperti bahasanya yakni stage bertingkat, artinya penggunaan RO yang bertujuan untuk mendapatkan hasil reject minimal dengan hasil permeate maksimal. Biasanya sistem multistage RO ini digunakan pada industri yang memerlukan banyak sekali air, seperti : Industri minuman ringan (softdrink), Industri susu, AMDK (Air minum dalam kemasan) dan industri lainnya, pokoke yang banyak menggunakan air.
Multiphase RO biasa digunakan pada industri-industri yang memerlukan air dengan kualitas sangat tinggi, biasanya kemurniannya dibawah 5 mikrosiemens. Industri yang menggunakan multiphase RO antara lain : Farmasi dan Laboratorium Uji. Terkadang beberapa lembaga atau badan milik negara juga menggunakan RO dengan teknik ini.

Bedanya bagaimana??

Oke dari pada bingung, berikut saya berikan ilustrasinya.



Pada gambar diatas (Kalau kurang bagus harap maklum yee J ). Adalah contoh blok diagaram dari 2 Phase RO. Jadi permeate dari RO dimasukan kembali kedalam membrane RO dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih murni. Logikanya dengan product diproses lagi menjadi product lebih baik. Sedangkan reject water dari Phase ke-2 RO digunakan untuk menambahkan feed dari phase satu dalam rangka efisiensi.


Diatas adalah gambaran dari two stage RO. Terlihat bahwa permeate menjadi lebih banyak karena reject dari RO dimasukan kembali ke Membrane RO sehingga jumlah permeate akan bertambah jumlahnya.

What’s The Best? Multistage RO atau Multiphase RO

Jika ditanya mana yang terbaik, tentu keduanya tergantung dari peruntukan atau tujuan dari air yang digunakan. Apakah anda memerlukan banyak air, atau memerlukan air dengan kualitas sangat tinggi. Nah dari pada Anda bingung menentukan sistem RO yang terbaik untuk perusahaan atau industri Anda, Hubungi saja kami J di 0878 7373 3767 (Mr. Anggi Nurbana) Kami siap membantu Anda dari mulai desain, instalasi sampai dengan mencapai target yang diinginkan.. Oke bro..

Salam Olah-air.com

Mr. Anggi Nurbana

Good Life, Clear Water  

Bagikan

Jangan lewatkan

[SHARE] KUALITAS ATAU KUANTITAS : Bagaimana memilih sistem RO (Reverse Osmosis) yang tepat untuk Perusahaan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.