Sunday, 12 April 2015

[SHARE] Cara Membersihkan Tangki Penuh Semen (Yang Sudah Mengeras)

Cara Membersihkan Tangki Penuh Semen (Yang Sudah Mengeras)

Salam Semangat, Sobat Olah-air.com sekalian
Alhamdulillah kita bisa kembali lagi berjumpa pada postingan di terbaru.
Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman bersama seorang senior (Kakak Angkatan di SMAKBo). Dalam membersihkan tangki yang penuh dengan semen yang mengeras. Seperti apa cerita lengkapnya? Yuk mari disimak (Gelar tiker, seduh kopi) J

Awal cerita

Kala itu, suatu siang dipertengahan bulan yang masih jauh dengan tanggal gajian (hehe). Handphone saya berdering, terlhat ada nomor asing muncul di layar HP saya. Akhirnya untuk menghilangkan rasa penasaran, saya angkatlah telepon tersebut. Diujung sana sang penelepon memperkenalkan dirinya sebagai seorang staff di perusahaan semen. Singkat cerita sang penelepon meminta tolong untuk jasa pembersihan tangki. Kasusnya tangki tersebut dipenuhi dengan semen, setebal kira-kira 20cm (Cukup luar biadab memang). Sambil garuk-garuk (berpikir) saya mengiyakan undangan si penelepon untuk datang ke site tempat TKP berlangsung.

Cuss.. Menuju TKP

Di TKP saya disambut dengan hangat, dan penuh harap. Pasalnya orang-orang disana sudah melakukan beragam cara namun nampaknya tidak membuahkan hasil yang baik kecuali tangan bengkak (Cape nge-getokin semen). Investigasi dimulai, dari mulai kandungan semen, proses yang sudah dilakukan dan hasil yang didapat. Setelah berbincang-bincang sejenak dengan PIC dan karyawan lainnya, dimulailah aktraksi kimia (Terotet Toret).  Saya mulai mencoba beberapa bahan kimia formulasi PT. Fujikasui untuk merontokan si Semen. Tetes demi tetes, guyuran-demi guyuran, dan beragam bahan kimia yang saya bawa nampaknya tidak membawa hasil yang menggembirakan. Si lapisan semen terlihat lembek sedikit demi sedikit, namun tetap tidak siginifikan. Senja-pun menyapa, diiringi dengan janji yang ala Terminator “I’LL BE BACK” begitu ucap saya pada sang PIC pabrik.
Cara Membersihkan Tangki Semen


Wangsit-pun datang

Selama pulang dalam perjalanan, otak saya terus berpikir keras sekeras lapisan semen yang jadi musuh utama. Keesokan harinya di Lab, dimulailah percobaan, dengan beragam bahan kimia dan formulasi-formulasi baru. Hari berganti hari, namun segala formulasi yang saya coba, nampaknya tidak memberikan hasil yang baik. Hingga pada akhirnya ketika sedang iseng, saya membuka kontak di Handphone saya. Beragam nama muncul, Ucup Kabel, Nina Painting dan nama-nama lainnya.. Hingga perhatian saya tertuju pada kontak seorang alumni SMAKBo (Kakak kelas saya) yang bernama Fadil B3 (dinamakan B3 karena pekerjaan beliau). Saya mencoba mengingat keahlian kang Fadil ini, dan benar saja setelah diingat-ingat kang Fadil ini spesialis transporter Limbah b3 dibawah naungan PT. Multazam. Pikir saya, mungkin saja Senior saya ini pernah mengalami hal yang serupa. Akhirnya tanpa iklan, saya langsung menelepon beliau.

Yes, We’re Back.

Singkat cerita, Kang Fadil bersedia membantu mencarikan solusi tentunya dengan simbiosis mutualisme hehehe. Kami berangkat bersama menuju site. Disana telah menunggu PIC pabrik. Setelah sedikit berbasa-basi, kami langsung cus menuju tangki yang akan menjadi dicleaning. Kang Fadil melihat sejenak keadaan dalam tangki tersebut, bersama dengan seorang rekan (yang saya lupa namanya). Kang Fadil turun, lalu menuju tempat parkir mobil dan akhirnya kembali dengan membawa beberapa botol bahan kimia. Sambil tersenyum, beliau berkata “Kita coba ya kang, Bismillah”.

Dan Rontoklah Sang Musuh

Satu, dua, tiga botol dicoba. Ternyata belum membuahkan hasil. Hingga Kami bertiga nga-riung dan berdiskusi sejenak. Iseng-iseng (Lantaran sudah kesel) kami mencampurkan beberapa bahan kimia yang merupakan pelarut kuat dalam dunia kimia. 4 bahan kimia kami campur, dengan harapan dapat membuahkan hasil yang baik. Dan Uji Cobapun dimulai. Bahan kimia yang kami campurkan tersebut diteteskan sedikit demi sedikit ke lapisan semen yang membandel. Wuss Asap keluar, diiringi dengan bunyi seperti nge-letek pada lapisan semen. Lanjut dan Lanjut, percobaan dengan bahan kimia formulasi tersebut, membuahkan hasil yang menggembirakan. “Alhamdulillah” ucap kami bertiga. Mudah-mudahan proses menuju PO-nya lancar hehehe

Aksi sesungguhnya

Setelah aksi percobaan tersebut, beberapa hari kemudian barulah turun PO untuk aksi yang sesungguhnya yang ternyata ada lebih dari 4 tangki yang harus dibersihkan. “Great” pikir saya, dan saya berserta tim Kang Fadil pun akhirnya dapat menyelesaikannya dengan baik.

Let’s Congratulate Mr. Fadil

Well, kisah ini tentu tidak akan berjalan baik jika tanpa kehadiran master kita yakni Mr. Fadil. Oleh karen itu, mari kita berikan applause untuk senior kita J :
Cleaning Tangki Semenm Mr. Fadil

Makasih kang, lain kali kita kerja sama lagi..

Kesimpulan

Beberapa cara mekanis memang bisa mengikis lapisan namun tidak efektif. Proses pemanasan, perendaman juga tidak memberikan hasil. Bahkan dengan pelarut semen yang biasanya juga tidak berhasil. Sehingga bagi rekan-rekan yang membutuhkan jasa untuk pembersihan tangki dari semen (dari pada cape ketak-ketok) silahkan hubungi kami segera di 085288325902 atau 087873733767. Dijamin kami akan membantu membersihkan permasalahan pada vessel atau tangki rekan-rekan.

Oke sekian, share kita pada hari ini. Mudah-mudahan kita dapat bertemu pada postingan selanjutnya. Bye-bye J


Good Life, Clear Water

Mr. Anggi Nurbana

Bagikan

Jangan lewatkan

[SHARE] Cara Membersihkan Tangki Penuh Semen (Yang Sudah Mengeras)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.